Selasa, 25 Juli 2017

Tanggung Jawab Pelanggan PDAM : Jaga Meteran Air dan Jaringan Pipa Rumah




Haidir Effendi
PERWALI Kota Balikpapan No 19 Tahun 2010 Pasal 24 tentang Sistem Penyediaan Air Minum. Pelanggan punya kewajiban sebagai berikut : melaksanakan pembayaran rekening tagihan air minum bulanan yang tercantum pada pasal 21. Segera melaporkan apabila mengetahui adanya kerusakan pipa dinas atau milik PDAM lainnya. 

Menaati seluruh ketentuan dan prosedur yang tercantum dalam surat pernyataan yang ditetapkan PDAM. Bertanggung jawab atas kerusakan atau kehilangan meter air dan rangkaian pipa dinas yang tersedia di lingkungan rumah pelanggan. Memberikan kemudahan kepada petugas PDAM melaksanakan tugas kedinasannya di dalam persil pelanggan.
 
Melaksanakan balik nama pelanggan apa bila terjadi perubahan kepemilikan rumah atau bangunan. Memelihara pipa dinas, segel dinas dan segel meter, meter air serta instrumen meter termasuk kelengkapannya yang berada di dalam persil pelanggan sejak menjadi pelanggan. 


Pelanggan sebagai pemilik persil bertanggung jawab penuh atas beban biaya yang ditimbulkan oleh pihak lain, dan Bertanggung jawab apabila terjadi pemakaian air yang tinggi atau penurunan kualitas air akibat penggunaan bak penampungan (meneral air atau penampungan bawah permukaan tanah (ground reservoir) atau terjadi kebocoran pipa persel (setelah meter air).



Direktur Utama PDAM.Haidir Effendi mengatakan Untuk konsumen PDAM gunakanlah  air dengan bijaksana untuk kebutuhan sehari-hari, biasakan mengontrol pemakaian air di rumah anda melalui meter yang terpasang, bila perlu lakukan pemeriksaan setiap hari kurang lebih 5 menit saja oleh pelanggan. Tunjukkan agar pelangan dapat mengetahui lebih dini apabila terjadi lonjakan pemakaian air, baik dari adanya kelalaian, kebocoran, kerusakan saluran di rumah pelanggan,” tegas Haidir



Cara sederhana menegtahui kebocoron.

Tutup semua kran pada instalasi pipa persil dariu meren menuju rumah. Periksa dan amati dengan seksama meter air, apakah jarum penunjuk angka meter berputar (jalan) atau tidak. 

”Apabila jarum penunjuk angka meter tidak berputar berarti saluran pipa persil keadaan baik tidak ada kebocoran atau kerusakan,” ucapnya.



Sebaliknya apabila jarum penunjuk angka meter berputar berarti terdapat kebocoran,kerusakan pada saluran pipa persil. 

”Apabila terjadi indikasi kebocoran pada pipa dalam rumah gunakanlah kran berwarna merah yang berada di dalam meteran sebagai emergency stop,” ujar Haidir.



Hal-hal yang dapat menyebabkan tingginya rekening air minum pelanggan adalah, kerusakan atau kebocoran setelah meter air (kran-kran dan peralatan lainnya pada instalasi pipa persir, kemudian sering lupa menutup kran air, adanya sambungan liar setelah meteran air, petugas tidak dapat membaca meter air karena penghuni sulit ditemui, penggunaan air di luar kebutuhan pokok misalnya mencuci mobil dan menyiran tanaman. (beny) 


Perhatian buat pelanggan:
1.Bertanggung jawab menjaga meteran air dan jaringan pipa dirumah.
2.Harap dibayar selambat-lambatnya tanggal 20 setiap bulan
3.Keterlambatan pembayaran dikenakan DENDA 10 persen dari rekening air sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
4.Bila selam 2(dua)bulan tidak memenuhi kewajibannya membayar rekening air,maka meter air akan disegel tampa pemberitahuan terlebih dahulu(PERWALI Balikpapan No 19 Tahun 2010 tentang sistem peneyediaan air minum pasal 16 ayat 2)
5.Pembukaan kembali akan dilaksanakan setelah pelanggan melunasi biaya rekening air,denda dan biaya pembukaan kembali, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
6.Pembukaan kembali terhadap saluran air yang telah ditutup selama 3(tiga)bulan dibebankan biaya sama dengan biaya pemasangan baru.
7.Apa bila 2(dua)hari setelah pembacaan meter tidak ada sanggahan dari pelanggan,pemakaian air dianggap syah.


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM