Haidir Effendi |
Menaati seluruh ketentuan dan prosedur yang tercantum
dalam surat pernyataan yang ditetapkan PDAM. Bertanggung jawab atas kerusakan atau kehilangan meter
air dan rangkaian pipa dinas yang tersedia di lingkungan rumah pelanggan. Memberikan kemudahan kepada petugas PDAM melaksanakan
tugas kedinasannya di dalam persil pelanggan.
Melaksanakan balik nama pelanggan apa bila terjadi
perubahan kepemilikan rumah atau bangunan. Memelihara pipa dinas, segel dinas dan segel
meter, meter air serta instrumen meter termasuk kelengkapannya yang berada
di dalam persil pelanggan sejak menjadi pelanggan.
Pelanggan sebagai pemilik persil bertanggung jawab
penuh atas beban biaya yang ditimbulkan oleh pihak lain, dan Bertanggung jawab
apabila terjadi pemakaian air yang tinggi atau penurunan kualitas air akibat
penggunaan bak penampungan (meneral air atau penampungan bawah permukaan
tanah (ground reservoir) atau terjadi kebocoran pipa persel (setelah meter air).
Direktur Utama PDAM.Haidir Effendi mengatakan Untuk
konsumen PDAM gunakanlah air dengan
bijaksana untuk kebutuhan sehari-hari, biasakan mengontrol pemakaian air di rumah
anda melalui meter yang terpasang, bila perlu lakukan pemeriksaan setiap hari
kurang lebih 5 menit saja oleh pelanggan. Tunjukkan agar pelangan dapat
mengetahui lebih dini apabila terjadi lonjakan pemakaian air, baik dari adanya
kelalaian, kebocoran, kerusakan saluran di rumah pelanggan,” tegas Haidir
Cara sederhana menegtahui kebocoron.
Tutup semua kran pada instalasi pipa persil dariu
meren menuju rumah. Periksa dan amati dengan seksama meter air, apakah jarum
penunjuk angka meter berputar (jalan) atau tidak.
”Apabila jarum penunjuk angka
meter tidak berputar berarti saluran pipa persil keadaan baik tidak ada
kebocoran atau kerusakan,” ucapnya.
Sebaliknya apabila jarum penunjuk angka meter berputar
berarti terdapat kebocoran,kerusakan pada saluran pipa persil.
”Apabila terjadi
indikasi kebocoran pada pipa dalam rumah gunakanlah kran berwarna merah yang
berada di dalam meteran sebagai emergency stop,” ujar Haidir.
Hal-hal yang dapat menyebabkan tingginya rekening air
minum pelanggan adalah, kerusakan atau kebocoran setelah meter air (kran-kran dan
peralatan lainnya pada instalasi pipa persir, kemudian sering lupa menutup kran
air, adanya sambungan liar setelah meteran air, petugas tidak dapat membaca meter
air karena penghuni sulit ditemui, penggunaan air di luar kebutuhan pokok
misalnya mencuci mobil dan menyiran tanaman. (beny)
Perhatian buat pelanggan:
1.Bertanggung jawab menjaga meteran air dan jaringan
pipa dirumah.
2.Harap dibayar selambat-lambatnya tanggal 20 setiap
bulan
3.Keterlambatan pembayaran dikenakan DENDA 10 persen
dari rekening air sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
4.Bila selam 2(dua)bulan tidak memenuhi kewajibannya
membayar rekening air,maka meter air akan disegel tampa pemberitahuan terlebih
dahulu(PERWALI Balikpapan No 19 Tahun 2010 tentang sistem peneyediaan air minum
pasal 16 ayat 2)
5.Pembukaan kembali akan dilaksanakan setelah
pelanggan melunasi biaya rekening air,denda dan biaya pembukaan kembali, sesuai
dengan ketentuan yang berlaku.
6.Pembukaan kembali terhadap saluran air yang telah ditutup
selama 3(tiga)bulan dibebankan biaya sama dengan biaya pemasangan baru.
7.Apa bila 2(dua)hari setelah pembacaan meter tidak
ada sanggahan dari pelanggan,pemakaian air dianggap syah.
Baca Juga :
You made some decent points there. I looked on the web with the problem and discovered most people will go in addition to with all your site. Flow Meter LC
BalasHapus