Rabu, 26 Juli 2017

Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Duduki Peringkat No.1 Dunia

KABARKALTM.CO.ID, Balikpapan - Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan di Balikpapan dinobatkan sebagai juara pertama, dalam standar dunia untuk dalam pelayanan dan kepuasan penumpang di bandara, dari total 85 bandara dunia pada kategori 5-15 juta penumpang per tahunnya.

Indonesia patut berbangga karena tiga bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I masuk dalam peringkat 10 besar dunia dalam tingkat kepuasan tertinggi pada kuartal I/2017 versi dari Airports Council International (ACI).

Pertama, yakni Bandara Internasional SAMS Sepinggan di Balikpapan, Kalimantan Timur. Bandara ini duduk peringkat pertama pada kategori 5-15 juta penumpang per tahun.

Kedua adalah Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali yang menduduki peringkat kedua dari total 37 bandara pada kategori jumlah penumpang 15-25 juta penumpang per tahunnya.

Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan (Foto: Istimewa)
 
Ketiga adalah Bandara Juanda berada di posisi ke 10 pada kategori yang sama, 15-25 juta penumpang per tahunnya.

Tentunya ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan untuk Indonesia.

ACI adalah sebuah organisasi bandara terkemuka di dunia yang bermarkas utama di Montreal, Kanada. Program Airport Service Quality (ASQ) dari ACI merupakan sebuah program benchmarking global yang mengukur tingkat kepuasan penumpang di bandara seluruh dunia. 

Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan (Foto: Istimewa)
 
Danang S. Baskoro selaku Direktur Utama dari PT Angkasa Pura (AP) I menyebutkan jika peningkatan kepuasan penumpang tersebut menunjukkan keberhasilan AP I dalam usaha meningkatkan standar layanannya semakin baik kepada seluruh penumpang.

"Peningkatatan peringkat itu juga merupakan indikator dari perwujudan visi perseroan untuk dapat menjadi salah satu dari 10 besar bandara terbaik di seluruh Asia untuk ke depannya," sebut Danang.

Dan untuk diketahui semua orang, program ASQ ini mengukur pendapat dari 34 indikator kerja, contohnya saja akses bandara, fasilitas belanja, check ini, security screening dan lain-lain.

ASQ juga menjadi standar dunia untuk mengukur kepuasan penumpang di bandara. [*\maxor]
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM