Selasa, 06 Juni 2017

"Panglima Kumbang" Dayak Kalimantan Kunjungi Garda Manguni, TM86, dan Demi Anak Generasi

Image may contain: 7 people, people smiling, people standingKABARKALTIM.CO.ID, Jakarta - Ketua Umum Garda Manguni (GM) Andre Warouw, Ketua TM86 Jodi Cross Ante, dan Ketua Umum Demi Anak Generasi (DAG) Educardo Panjaitan menyambut baik kunjungan Panglima Kumbang Dayak Kalimantan, Udin Balok, di Jakarta, Senin malam (5/6/2017).

Panglima Kumbang yang dipenuhi tato di sekujur tubuhnya itu tampak mengenakan pakaian khas adat Dayak Kalimantan, terlihat ramah dan sumringah saat menyapa di hadapan sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas) dan organ relawan cinta NKRI dan Pancasila.

Panglima Kumbang:  "Sebagai masyarakat adat kita harus menjaga kekerabatan antar kebudayaan Indonesia yang berbeda-beda, agar tetap punya jiwa nasionalis dan menjaga Kebhinekaan Tunggal Ika."

Bersorban kain merah yang dibalut keliling di kepala dengan kalung batu permata dan tulang belulang hewan buas, terpaut di antara kain bercorak merah kuning gading hanya sampai paha dipadu celana panjang abu-abu.

Setelah disambut sejumlah ormas dan organ relawan, Panglima Kumbang kemudian dijamu makan malam bersama dengan masakan tradisional khas Minahasa. Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi ringan tentang pentingnya menanamkan semangat cinta NKRI dan Pancasila.

Panglima Kumbang menuturkan, agama adalah suatu keyakinan yang harus bersama-sama dikembalikan sepenuhnya kepada pemeluk agama itu masing-masing. Jangan ada yang merasa agamanya paling benar.
"Sebagai masyarakat adat kita harus menjaga kekerabatan antar kebudayaan Indonesia yang berbeda-beda, agar tetap punya jiwa nasionalis dan menjaga Kebhinekaan Tunggal Ika," tegas Panglima Kumbang mengingatkan.

Lebih lanjut, Panglima Kumbang mengecam tindakan anarkis dan radikalisme yang marak terjadi belakangan ini.

"Kita harus bisa mengambil sikap arif dan bijaksana agar jangan sampai terjadi kericuhan sara. Jangan mudah terprovokasi dan terlibat dalam politik. Kita bersama-sama harus menjaga NKRI dan Pancasila," ujar Panglima Kumbang kembali mengingatkan.

Sementara itu, Jodi Cross Ante menyampaikan rasa terima kasihnya atas kunjungan Panglima Kumbang dan kehadiran beberapa ormas serta organ relawan.

"Selamat datang kepada Panglima Kumbang, ketua-ketua ormas dan organ relawan lainnya. Pertemuan ini untuk memperkuat semangat Pancasila dan NKRI," singkat Jodi.

Educardo Panjaitan menambahkan, kebersamaan dalam keberagaman seluruh tokoh masyarakat adat dan elemen masyarakat harus diperkuat untuk menjaga keutuhan NKRI dan Pancasila. Jika ada ormas yang tidak menginginkan NKRI dan Pancasila, menurut Edo sapaan akrab Educardo, bisa dipastikan bahwa mereka (ormas) diragukan sebagai warga negara Indonesia.

"Kalau ada ormas yang bertindak radikal dan ingin menggantikan Pancasila, sebaiknya jangan tinggal di Indonesia," kecam Edo.

Untuk itu, ormas dan organ relawan harus lebih intens membangun kebersamaan dengan ormas-ormas dan organ relawan lainnya untuk mengawal tegakknya NKRI dan Pancasila.

"Kita sangat berkepentingan membangun sinergitas dan keterlibatan dari seluruh organisasi kepemudaan serta masyarakat untuk meredam tindakan radikalisme dan terorisme. Terutama ormas yang tidak cinta NKRI dan Pancasila," kata Edo.

Selanjutnya, Panglima Besar Laskar Adat Manguni Indonesia Andy Rompas dan Ketua Umum Garda Manguni Andre Warouw sependapat dengan himbauan dan ajakan Panglima Kumbang Dayak Kalimantan.

"Bicara adat budaya nusantara itu mengajak kita untuk tetap merasa bangga dengan adanya keberagaman adat budaya di Indonesia. Kita juga harus bangga terhadap Pancasila dan NKRI," pinta Andy Rompas.

"Kita satukan visi untuk tetap memegang teguh Pancasila dan NKRI. Indonesia adalah kita, Pancasila adalah kita. Marilah kita tetap menjaga persatuan dan kesatuan di NKRI," tutup Andre Warouw.

Kunjungan Panglima Kumbang ini juga dimeriahkan dengan atraksi penyambutan oleh Pasukan Kabasaran Minahasa yang dipimpin oleh Ketua Team Manguni 86 Jodi Cross Ante yang juga sebagai penggagas dan mediator pertemuan tersebut. (*\maxor)

[Berita ini telah dimuat sebelumnya di hariandeteksi.com]
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM