Jumat, 09 Juni 2017

Lusiano : Proyek Strategis Nasional Harus Didukung, tapi Harus Berkeadilan bagi Warga Lokal


Lusiano (kedua belakang dari kiri) saat mengikuti pertemuan migas di Senyiur
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Ahli perminyakan yang juga aktivis Dayak Borneo Ir Lusiano SH MBA ikut angkat bicara soal aspirasi warga Balikpapan dan para pengusaha lokal agar berperan dalam proyek perluasan kilang RU V Balikpapan. 

Lusiano yang malang melintang di dunia migas dan juga menjadi advokat ini, menyatakan sependapat dan sangat setuju, dengan langkah perjuangan berbagai elemen warga dalam mendapatkan hak dan keadilan bagi warga. 



"Satu sisi harus dilihat pula, itu adalah proyek strategis nasional yang harus kita dukung sama-sama.  Perluasan kilang adalah perintah Presiden Jokowi yang memang untuk memenuhi kebutuhan nasional. Sangat beruntung sekali, proyek skala nasional itu di kota ini, dan juga kota lain di Kaltim yaitu Bontang. Jadi harus kita dukung sama-sama, agar proyek berjalan baik," beber dia. 

"Dampak mega proyek itu, sangat positif bagi perekonomiannya khususnya Balikpapan. Contoh kecil warung-warung makan akan menerima dampak positifnya, secara global nantinya berpengaruh bagi perekonomian Balikpapan," imbuh dia. 

Selain harus diberikan dukungan, Lusiano juga mengajak berpikir kritis dan melihat jauh ke depan demi mendapatkan keadilan dan hak warga lokal.  Dia mengaku, kendati dirinya puluhan tahun terjun dalam proyek Pertamina, namun tetap kritis terhadap Pertamina. 

"Gubernur dan Wali Kota dalam tiap kesempatan menyerukan perlunya penyerapan tenaga kerja lokal dan peran pengusaha lokal. Ini kesempatan untuk menyerap tenaga kerja lokal itu. Namun yang harus diperhatikan pula, adalah soal sumber daya manusia (SDM)," tegas dia. 

"Artinya, sedari masih ada waktu dan kesempatan, ayo kita semua masyarakat ini meningkatkan SDM, supaya saat ada banyak lowongan kerja, kita semua punya kemampuan. Jangan cuma menjadi tenaga buruh kasar. Karena memang standar migas beda dengan pekerjaan umum lainnya semisal di pemerintahan," saran Lusiano. 

"Termasuk para pengusaha lokal, juga kemampuan perusahaan terus ditingkatkan, perlu punya sertifikasi sesuai bidang kemampuannya. Balikpapan banyak kok yang sudah bersertifikasi. Dan ingat, proyek di Pertamina itu padat modal, tak gampang menjadi rekanan Pertamina. Itu semua harus kita siapkan, supaya tidak jadi penonton,". 

Oleh karena itu Lusiano memandang penting perlunya edukasi kepada masyarakat, untuk peningkatan SDM, disiapkan sedini mungkin. "Saya siap menjadi garda depan untuk keadilan warga Balikpapan bersama rekan-rekan elemen lainnya. Proyek perluang kilang adalah proyek impian bersama, harus didukung tapi harus berkeadilan bagi warga lokal," tutup dia. (tw)

 
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM