Rabu, 10 Mei 2017

Lahan Embung Aji Raden Ditanggung PDAM


Tahun Ini Dibangun Lima Sumur Dalam


Haidir Effendi
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID- Upaya memenuhi kebutuhan air baku di Balikpapan terus dilakukan. Tahun ini, PDAM Balikpapan bakal menanggung biaya pembebasan lahan Embung Aji Raden. PDAM  juga akan membangun lima sumur dalam.


Pembebasan lahan embung di Balikpapan Timur tersebut memang dibebankan ke PDAM karena Pemkot sedang kesulitan soal anggaran. Direktur PDAM Tirta Manggar Balikpapan Haidir Effendi mengatakan, hanya areal yang menjadi tapak bendungan yang menjadi tanggungan PDAM. Luasnya sekitar 7 hektare. 


“Saat ini masih dalam tahap penyusunan peta bidang oleh BPN (Badan Pertanahan Negara). Setelah itu baru diketahui luasan pastinya. Lalu di-appraisal dan diketahui berapa anggaran yang dibutuhkan,” jelasnya. 



Haidir menargetkan pembebasan lahan tersebut bisa rampung tahun ini. Sehingga untuk pembangunannya bisa diusulkan ke pusat melalui Balai Wilayah Sungai Kalimantan III. Harapannya tahun depan bisa dimulai kegiatan fisiknya,” tambahnya.


Soal sumur dalam, PDAM memang terus mencari titik-titik yang memiliki potensi untuk dimanfaatkan air tanahnya. Hingga kini, telah dibangun 30 sumur dalam yang tersebar. Sedangkan yang masih berfungsi dan terdapat sumber airnya sebanyak 20 sumur. "Yang lainnya tidak berfungsi karena sumber mata airnya sudah kering," ujarnya.


Tahun ini, dia menargetkan membangun lima sumur dalam. Proses pembuatan, kata dia, butuh waktu. Sebab, perlu survei lokasi yang ada mata airnya. "Hingga kini, baru dua lokasi di Kampung Baru yang akan kita buat. Tiga lainnya kita masih cari lokasi," jelasnya. 


Dia menjelaskan, produksi air PDAM pada April, per bulannya mencapai 3 juta meter kubik. Yang dinikmati oleh 96.542 pelanggan. Sedangkan 542 daftar tunggu mesti bersabar hingga kapasitas air sudah bertambah. 

"Kalau air sudah bertambah semua bisa terlayani. Seperti Waduk Teritip yang baru bisa beroperasi pada 2018, dan juga Embung Aji Raden yang akan dikerjakan serta sumur dalam," pungkasnya. (*/beny)


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM