Senin, 01 Mei 2017

Konstelasi Langit Malam Langka akan Terjadi di Mei 2017

Ilustrasi Langit (Foto: deccanchronicle)
KABARKALTIM.CO.ID, Balikpapan - Fenomena langka dari konstelasi planet di tata surya akan dapat disaksikan pada saat malam di bulan Mei ini. Ada dua dari planet tata surya kita, Saturnus dan Jupiter, akan terlihat dengan mata telanjang di atas langit Bumi setelah matahari terbenam.

Menurut astronom Ian Morison, dikutip dari laman Times, Jupiter akan tampak jelas pada tanggal 7 Mei 2017 mendatang bersamaan dengan munculnya bulan. Kedua 'benda langit' ini diperkirakan akan mengeluarkan cahaya cukup terang, di mana pengamat tentunya siap mengambil foto langka tersebut.


Fenomena berikut adalah pada tanggal 14 Mei, bahwa bulan juga akan terlihat lebih dekat dengan Saturnus, sehingga memungkinkan kita melihat cincin planet ini hanya dengan teleskop amatir.

Planet Venus akan muncul lebih bersinar di pagi hari, tapi hanya beberapa derajat di atas langit Bumi saat matahari terbit.

Lanjutnya, pada 22 dan 23 Mei, kita juga dapat melihat Venus melewati bulan sabit pada malam hari.

Fenomena tersebut terjadi saat langit di belahan Bumi utara sedang bertransformasi, di antara musim semi dan musim panas.

Bagi Anda yang juga suka mengamati bintang, menurut laman Times, rasi bintang zodiak Leo dan Virgo, pada bulan ini akan tepat berada di atas langit malam.

Pada sisi berbeda, belahan langit timur juga akan muncul "segitiga bintang musim panas"; seperti Vega, Deneb dan Altair terlihat seakan bersatu. Namun, fenomena langit ini hanya terjadi satu malam saja. [*\maxor]
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM