Minggu, 09 April 2017

Penyanyi Yahudi Gad Elbaz Bicara Soal Musiknya yang Mirip Lagu Kampanye Anies-Sandi


Ini uneg-uneg dari Gad Elbaz (Foto: Instagram gadelbaz)

KABARKALTIM.Co.Id - Penyanyi Yahudi Gad Elbaz bicara soal lagunya yang menjadi perbincangan di tengah kampanye Pilkada DKI Jakarta. Adalah lagu kampanye pasangan Anies-Sandi yang disebut mirip dengan lagu yang dibawakan Elbaz berjudul 'Hashem Melech'.

Elbaz menyampaikan ceritanya tentang lagu itu melalui akun Instagram-nya, @gadelbaz. Akun ini memiliki 40.700 follower dan berisi foto-foto kegiatan dan promo musiknya.

Soal lagu 'Hashem Melech', Elbaz menuliskan lagu itu dirilisnya empat tahun lalu, tepatnya di tahun 2013. Dia menyebut lagu itu sebagai lagu paling populer di komunitas Yahudi.

Elbaz mengakui lagu 'Hashem Melech' merupakan cover dari lagu Chab Khaled (Elbaz menulisnya Chab Challed), penyanyi kelahiran Aljazair. Nada-nada lagu 'Hashem Melech' memang mirip dengan lagu 'C'est La Vie' yang dipopulerkan Chab Khaled.


"Lagu 'Hashem Melech' sudah dirilis sebelum artis-artis lain, seperti  Mark Anthony, merilisnya. Lagu ini merupakan lagu cover milik Chab Khaled," kata Elbaz di akun Instagram-nya, Sabtu (8/4/2017).

Elbaz juga menyoroti soal penggunaan lagu bernada mirip untuk tujuan politik. Dia juga menyebut nama Sandiaga Uno.

Gad Elbaz (Foto: Courtesy gadelbaz.com)
Sebelumnya, timses cagub cawagub DKI Anies Baswedan-Sandiaga Uno menepis anggapan bahwa lagu 'Ayo Kobarkan Semangat Jakarta Anies-Sandi' mirip dengan lagu 'Hashem Melech' yang dinyanyikan penyanyi Yahudi GadElbaz.

Lagu 'Ayo Kobarkan Semangat Jakarta' disebut diambil dari lagu kampanye PKS berjudul 'Kobarkan Semangat Indonesia', yang selalu dibawakan oleh almarhum mantan Sekjen PKS Taufiq Ridho dan Shoutul Harokah menjelang kampanye Pileg 2014.

"Tidak mungkin lagu 'Kobarkan Semangat Indonesia' menjiplak lagu band Israel, karena lagu 'Kobarkan Semangat Indonesia' diterbitkan lebih dulu, yaitu pada April 2014, sedangkan lagu band Israel baru diterbitkan Januari 2016," demikian bunyi bantahan timses Anie-Sandi di laman jakartamajubersama.com.

Timses Anies-Sandiaga merasa lagu 'Ayo Kobarkan Semangat Jakarta' lebih mirip dengan lagu 'C'est La Vie' (Inilah Hidup) yang dipopulerkan Chad Khaled. [*\maxor]

sumber: detikNews
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM