Sabtu, 29 April 2017

Bayangkan... Lihat Balikpapan dan Kota-kota Indonesia di Waktu Malam dari Angkasa Luar

KABARKALTIM.CO.ID, Balikpapan - Pihak Badan Antariksa Amerika Serikat atau Badan Antariksa Nasional AS (NASA) mempublikasikan citra satelit malam hari yang mengabadikan wilayah kepulauan Indonesia di waktu malam.

Dari citra foto satelit tersebut, sisi positifnya kita dapat melihat ketimpangan penerangan listrik yang sangat lebar antara wilayah barat Indonesia dibanding dengan wilayah tengah dan timur Indonesia. Hal itupun cukup mengungkap peta penyebaran penduduk Indonesia dan ketimpangan kemakmuran, terutama di wilayah timur Indonesia.

Menurut citra satelit malam hari yang dirilis NASA itu, Jawa adalah yang paling cemerlang disinari lampu perkotaan dan desa. Maklum, lebih dari separuh penduduk Indonesia mendiami pulau itu.

Sebaliknya, di Indonesia bagian timur seperti Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, Nusa Tenggara, juga sebagian besar Sumatera, yang terlihat adalah masih didominasi oleh kegelapan.



Tampak Jawa dan sebagian kecil kota lainnya terang cemerlang. (Foto: Citra Satelit/NASA)

Kurang lebih sebanyak 130 juta penduduk Indonesia menyesaki pulau Jawa, dari Jakarta (kiri) hingga Surabaya (kanan), seperti tampak di foto itu. Di foto citra satelit malam hari, rilisan NASA itu, Pulau Jawa dan Bali tampak didominasi cahaya gemerlap.

Yang menarik, penduduk tidak hanya tinggal di perkotaan saja, tetapi juga mendiami jalur-jalur penghubung utama antara kota. Itu tampak jelas dari citra satelit NASA tersebut. Bandingkan dengan citra gelap yang mendominasi pulau-pulau lain di Indonesia.

Begitupun, pemandangan sangat kontras itu terlihat di pulau Sumatera jika dibandingkan dengan gemerlap cahaya negeri jiran, seperti Malaysia dan Singapura.

Pada citra satelit itu pun terlihat kota Pekanbaru, Medan, dan Padang. Sementara Singapura dan Kuala Lumpur berkilap lebih cemerlang.

Itu menunjukkan, berbeda dengan Jawa, penyebaran penduduk di pulau Sumatera lebih terkonsentrasi di kota dan desa. Pasalnya kawasan subur ini didiami oleh lebih dari dua juta penduduk yang kebanyakan hidup dari pertanian.

Sudah dapat dibayangkan pasti Papua tenggelam dalam kegelapan. Hanya sedikit cahaya bisa dilihat pada kota Jayapura, Oksibil, Merauke, Timika, Sorong, dan Manokwari.

Uniknya di kawasan yang semestinya paling gelap, yakni Puncak Jaya, justru bermandikan cahaya dari tambang Grasberg milik PT Freeport.

Pada citra satelit malam tersebut, kota Manado terlihat ada serupa mercusuar di utara Indonesia.

Cahaya di pulau Kalimantan antara lain bersinar dari kota Balikpapan, Banjarmasin, Samarinda, dan Bontang. Kota Palangkaraya terlihat redup. Bagian selatan Kalimantan didominasi oleh hutan dan perkebunan.

Adapun Pontianak menjadi satu-satunya kota yang bercahaya di wilayah barat Kalimantan.
Lalu, sisi negatifnya apa ya? Ternyata wilayah manapun di Indonesia sangat telanjang dan terus diintai oleh mata kamera dari satelit-satelit negara asing! [*\maxor]
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM