Jumat, 31 Maret 2017

Piton Penelan Akbar Tercatat dalam Rekor Dunia Sebagai Ular Terpanjang yang Memangsa Manusia

KABARKALTIM.Co.Id, Mamuju, Sulbar - Seekor ular piton sepanjang lebih dari 7 meter menelan bulat-bulat Akbar, warga Mamaju Sulawesi Barat, hingga tak bernyawa.

Dilansir dari TribunNews, disebutkan kejadian tragis yang menimpa Akbar ini sudah tercatat di situs Wikipedia sebagai serangan ular mematikan ke-8 yang memangsa manusia.

Berdasarkan catatan di situs dunia itu, insiden yang menimpa Akbar adalah insiden kedua yang terjadi di Indonesia. Insiden pertama terjadi di pulau Salibabu, Sulawesi Utara, awal tahun 2000-an lalu. Seorang anak 14 tahun tewas dan diduga dimakan oleh ular sepanjang 5,17 meter.

Beberapa Kejadian Serupa yang Tercatat


1. Franz Werner melaporkan kasus dari Burma terjadi baik di awal 1910-an atau pada tahun 1927. Seorang bernama Maung Chit Chine, yang pergi berburu dengan teman-temannya, rupanya dimakan oleh ular sepanjang 6 m.
2. Pada tahun 1932, Frank Buck menulis tentang seorang anak remaja yang dimakan oleh ular sepanjang 7,6 m peliharaannya sendiri di Filipina.
3. Pada tanggal 4 September 1995, Ee Heng Chuan, seorang penyadap karet 29 tahun dari negara bagianJohor, bagian selatan dilaporkan telah tewas dimangsa ular piton raksasa. Ukuran ular tersebut diperkirakan sepanjang7,0 meter Ular itu tewas usai diberondong tembakan.
4. Pada tanggal 23 Oktober 2008, seorang wanita 25 tahun di Virginia, AS tewas diserang piton peliharannya. Ular sepanjang 4,0 m itu melilit tuannya sendiri hingga tewas.
5. Pada tanggal 21 Januari 2009, seorang anak 3 tahun di Las Vegas AS dililit ular sepanjang 5,5 meter. Namun nyawa anak itu berhasil ditolong.
6. Di Filipina, enam kematian karena ular dikatakan telah didokumentasikan dalam jangka waktu 40 tahun terakhir.

Insiden yang menimpa Akbar tersebut telah menggemparkan dunia. Sejumlah media luar negeri ikut memberitakan nasib tragis yang menimpa pria 25 tahun itu.

Berita Ular Piton Jadi Rujukan Berita di Media Amerika dan Inggris

Berita ular yang menyantap Akbar di Sulawesi Barat yang dinaikkan oleh Tribun Timur Selasa (28/3/2017) kemarin, ternyata sampai ke Amerika Serikat dan Inggris.

Terbukti, sejumlah kantor berita asal dua begara tersebut menggunakan pemberitaan dari Tribun Timur, sebagai sumber.

Salah satunya pengelola jaringan televisi Telemundo 52 yang berbasis di California, Amerika Serikat, mengirimkan email untuk permintaan penggunaan berita dan video dari Tribun Timur. Dalam email yang dikirim Rabu (29/3/2017), Telemundo 52  Editor Erick Mendoza meminta izin untuk menyiarkan pemberitaan Tribun Timur yang berjudul "Warga Salubiro Mamuju Sempat Dengar Teriakan Akbar Sebelum Ditelan Ular Piton". 

Pada Jumat, 31 Maret 2017, harian ternama Amerika Serikat The New York Times pun mengangkat mengangkat kejadian ular piton yang memangsa manusia itu sebagai salah satu beritanya.

Media Inggris Jadikan Tribun Timur Sebagai Sumber Berita

Website berita asal Inggris, Metro.co.uk juga menjadikan berita Tribun Timur tersebut sebagai sumber untuk pemberitaan mereka mengenai ular di Sulbar tersebut dengan judul judul "Villagers cut open seven-metre python to find their dead friend inside"

Judul berita terebut juga disadur ke dalam bahasa Inggris oleh media Asia, The Straittimes Singapore, dengan judul "Missing man found dead in belly of 7m-long python in Indonesia". Juga website berita terpopuler di Inggris, The Sun, menjadikan Tribun Timur sebagai referensi pemberitaan mereka soal ini. Dalam berita berjudul "Gruesome moment dead man’s corpse is cut out of the stomach of a massive python in Indonesia" tersebut, media yang beralamat di www.thesun.co.uk ini merujuk pada pemberitaan Tribun Timur yang berjudul "Beginilah Ular Piton Menelan Akbar Petani Sawit Memuju Tengah"

Kanal media populer Inggris Daily Star, melalui situs dailystar.co.uk, mencantumkan judul berita "Villagers discover DEAD MAN inside gigantic 23ft python in terrifying video", juga menayangkan unggahan video penemuan mayat Akbar di dalam perut piton yang diunggah oleh Tribun Timur.

Begitu pun media online Asia, asiancorrespondent.com menggunakan berita dan video Tribun Timur sebagai sumber berita mereka yang berjudul "Indonesian farmers find missing friend after cutting open python". [*\maxor]
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM