Jumat, 31 Maret 2017

Surabaya Diabadikan dari Stasiun Angkasa Luar Internasional (ISS). Foto ini Menampakkan Keanehan Kota Surabaya dan Jadi Viral

KABARKALTIM.Co.Id, Balikpapan - Baru-baru ini foto-foto dari akun badan antariksa Amerika Serikat NASA di Facebook mengharukan para nitizen Indonesia dan foto-foto tersebut menjadi viral. Kenapa?

Sebabnya adalah foto-foto yang diambil dari International Space Station (ISS) ini, yang sebenarnya sudah diunggah oleh akun NASA pada 21 Maret 2016, menampilkan kota
Surabaya dan beberapa wilayah lainnya, seperti: Madura, Bali, NTB dan NTT

NASA Merasa Beruntung

Dalam keterangannya, NASA mengaku sangat beruntung bisa mengambil foto-foto tesebut. Alasannya, Indonesia sebagai negara yang dilalui garis khatulistiwa, ternyata seringkali tertutup oleh awan. Para kru di ISS pun akhirnya mengaku beruntung mengambil foto sebagian wilayah Indonesia dalam kondisi terang meski tidak utuh.


Yang berhasil diambil oleh awak ISS adalah Jawa Timur, termasuk Madura, serta Pulau Bali dan Lombok.
Uniknya, menurut NASA dalam keteranganyan bahwa ada yang berbeda pada penampakan kota Surabaya. Dalam foto itu, Surabaya memang menjadi satu-satunya wilayah yang terlihat disinari cahaya terang.

Namun, NASA menyebut, sinar itu adalah pantulan matahari di lautan. Kota Surabaya pun juga disebut NASA dalam penjelasannya.

Selain penampakan Surabaya, penampakan sejumlah gunung berapi di Jatim pun disebut, termasuk Gunung tertinggi di Pulau Jawa, yakni Semeru.

Foto ini telah dibagikan hingga 22.400 netizen dan mendapat "like" dari 35 ribu netizen.
Pujian dari Astronaut Jepang

"Ini foto-foto Indonesia. Negara yang sangat luas dan indah, dengan banyak pulau! Saya ingin mengunjungi negara menakjubkan ini!" seru astronaut tersebut.

Siapa sangka, tulisan pujian untuk Indonesia ini dibuat oleh Kimiya Yui, seorang astronaut berkebangsaan Jepang, dari stasiun luar angkasa itu. Kimiya Yui, pada Juli 2015 menjalani misi Expedisi 44 di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Pada 23 Agustus 2015, ia memotret Indonesia dari stasiun luar angkasa, lalu mengungahnya lewat akun twitternya di @Astro_Kimiya.

Tweet dari Kimiya mendapat respon 700 retweet dan lebih dari 1.200 follower yang memasukan kicauan tersebut sebagai tweet favorit mereka.

Netizen asal Indonesia pun terharu, dan membalas pujian dari Kimiya ini.

"Terima kasih sudah memotret Indonesia. Sungguh luar biasa," tulis Vonny Utomo.

Sementara netizen Indonesia bernama Mona Adha beruntung mendapat balasan dari Kimiya Yui.

"Berapa lama kamu sudah di atas sana, Kimiya Yui? Terima kasih untuk komentarmu untuk Indonesia," tulis Mona Adha.

"Saya di luar angkasa sejak 22 Juli," balas Yui.

Lalu Mona membalas lagi: "Seandainya aku bisa melihat bumi dari luar angkasa. Selamat bertugas, dan ayo mampir Indonesia ketika tugasmu selesai,"

Kimiya, lelaki usia 45 tahun ini bergabung dengan Japan Aerospace Exploration Agency atau JAXA sekitar 2009. Yui pun mendapatkan sertifikasi sebagai astronaut ISS sejak Juli 2011.

Yui bersama dua rekannya, kosmonaut veteran Oleg Kononenko dari Rusia dan astronaut NASA Kjell Lindgren, meluncur ke ISS menggunakan roket Soyuz dari Baikonur, Kazakhstan, 22 Juli kemarin.

Yui adalah astronaut pertama Jepang yang berlatarbelakang militer. Sebelumnya, Yui adalah pilot pesawat tempur untuk Angkatan Udara Jepang. Dia terbiasa membawa jet tempur F-15. [\maxor]
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM