Kamis, 09 Maret 2017

Batu Ampar Wakili Kecamatan Balikpapan Utara



 Lomba Hatinya PKK, Asih Joko : Manfaatkan Pekarangan dengan Maksimal


Asih Joko Suyono meninjau pekarangan milik warganya
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Dalam rangka pemanfaatan pekarangan, Kelurahan Batu Ampar mendapatkan kepercayaan untuk mewakili Kecamatan Balikpapan Utara untuk lomba Hatinya PKK tingkat Kota Balikpapan. 

"Bukan soal  juaranya, paling tidak masyarakat itu bisa memanfaatkan pekarangannya dengan maksimal yang natinya bisa bermanfaat untuk rumah tangga sendiri. Bukan suatu tujuan akhir untuk mendapatkan juara, minimal kalau masyarakat itu bisa memanfaatkan pekarangannya dengan maksimal ya paling tidak bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan hari-hari, seperti apotek hidup, ada warung hidup,” kata Lurah Batu Ampar Asih Joko Suyono di ruang kerjanya, Kamis (9/3/2017). 




Tanaman hidroponik menjadi solusi di pemukiman perkotaan
Kembali Joko menjelaskan, agenda PKK Kota Balikpapan bukan hanya untuk berlomba, tetapi punya tujuan yang lebih besar lagi. Yakni mengajak  warga untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam cabai, sayuran, tanaman obat dan tanaman buah serta tanaman lain dengan tujuan menciptakan ketahanan pangan di masing-masing keluarga. 


Kepada masyarakat diharapkan pekarangannya itu sumber gizi bagi keluarga itu sendiri,yang tetunya dimanfaatkan ada perikanan, peternakan, warung hidup, apotek hidup dan juga kebersihan lingkungan harus diperhatikan. 

"8 RT yang kita persiapkan untuk ikut lomba hatinya PKK ini. Dengan adanya momentum lomba hatinya PPK ini, bisa kita menggerakkan seluruh masyarakat. Masyarakat lebih bersemangat lagi untuk memanfaatkan pekaranganya,” ucap Joko. 
 

“Untuk menanam lombok, menanam sayuran, dan tanaman obat. Kalau setiap keluarga punya tanaman-tanaman tersebut, akan memudahkan dalam pemenuhan kebutuhan pangan. Apalagi saat ini lombok sangat mahal, kalau punya lombok sendiri, kan enak tinggal metik. Kalau sayuran mahal, tinggal ambil milik sendiri,”  terangnya. (beny)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM