Senin, 23 Januari 2017

ASN Diharapkan Mampu Mengikuti Kemajuan IT


Rusmadi (kedua dari kiri) saat membuka job fit evaluation
SAMARINDA,KABARKALTIM.CO.ID-Sebanyak 846 calon pejabat pengawas di lingkungan Pemprov Kaltim mengikuti Job Fit Evaluation, Senin (23/1/2017). Acara yang dibuka Sekprov Kaltim DR  H Rusmadi MS ini, merupakan agenda yang dilaksanakan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltim di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kaltim. 
 
Dari jumlah tersebut untuk mengisi 762 formasi yang tersebar di masing-masing SKPD di lingkungan Pemprov Kaltim. Diharapkan, dari pelaksanaan tersebut dapat mengetahui kompetensi yang dimiliki masing-masing calon pejabat pengawas atau setingkat eselon IV.



Para peserta job fit evaluation
“Job Fit ini tidak lain untuk mengetahui sejauh mana kemampuan calon pejabat eselon IV kita. Karena, untuk mendukung kerja pejabat di atasnya, yakni pejabat eselon III dan II, diperlukan pejabat eselon IV yang berkualitas sesuai tempat yang akan diisi oleh masing-masing pejabat tersebut, sehingga program kerja yang dibangun dapat bersinergi dengan baik,” kata  Rusmadi yang  didampingi Asisten Administrasi Umum Setprov Kaltim Bere Ali, Kepala BKD Kaltim Hj Ardiningsih dan Kepala BPSDM M Yadi Robyan Noor.

Dalam paparannya, Rusmadi mengharapkan aparatur sipil negara (ASN), dapat mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi informasi dengan baik. Penggunaan perangkat IT sebagai ASN diharapkan mampu menguasai, seperti penggunaan laptop. Diharapkan pula kreativitasnya, hingga dapat maksimal dalam bekerja dan membantu pembangunan daerah. 

Sementara itu penasehat kabarkaltim.co.id Suyoso Nantra, mendukung pernyataan Sekprov Rusmadi jika ASN harus mampu mengikuti kemajuan dunia IT. "Perkembangan IT begitu pesat, memang sepatutnya ASN mampu mengikuti perkembangannya, agar tidak ketinggalan. Mampu mengoperasikannya, hingga membantu dalam kinerja sehari-hari," kata Suyoso Nantra. 

Lanjut Suyoso Nantra, kreativitas dan inovasi ASN juga diperlukan. Apalagi di tengah kondisi keuangan yang defisit di mana-mana. "Tunjukkan kreativitas dan profesional, hingga mampu membantu pembangunan daerah. Sebagaimana yang menjadi instruksi Pak Sekprov, agar ASN ikut dalam andil pembangunan daerah," seru Suyoso Nantra. 

Untuk diketahui, job fit ini selain untuk mengetahui kemampuan kompetensi calon pejabat juga untuk melihat bagaimana kepedulian calon pejabat terhadap daerah maupun negara. Karena, sebagai pejabat memiliki tanggung jawab moral besar dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat dan melaksanakan perundang-undangan.
 
Karena itu, diharapkan melalui pelaksanaan ini dapat menciptakan calon pejabat yang kuat dan mampu melihat denyut nadi pemerintahan, bagaimana calon pejabat mengetahui perkembangan pembangunan.

Sementara itu, Kepala BKD Kaltim Ardiningsih mengatakan, pelaksanaan tersebut menggunakan empat ruangan, di mana di masing-masing ruangan dilengkapi dengan live streaming, sehingga apa yang dilaksanakan peserta dapat dimonitor para pengawas Job Fit Evoluation.
“Kita harapkan dari pelaksanaan ini dapat menjadi pertimbangan pembinaan kepegawaian untuk menempatkan calon pejabat pengawas yang berkompetensi dan berintegritas, sehingga mendukung program kerja Pemerintah Daerah,” jelasnya.(tim kk/humasprov)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM