Rabu, 14 Desember 2016

Pesta Belian Adat Paser Nondoi Dibuka Bupati PPU


Berlangsung 16-23 Desember 2016 di Pasar Induk Penajam


PENAJAM, KABARKALTIM.CO.ID-Pemerintah Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU melalui Dinas Perhubungan, Kebudayaan, dan Pariwisata (Dishubbudpar)) kembali menggelar Pesta Belian Adat Paser Nondoi 2016, yang akan diselenggarakan pada 16-23 Desember 2016 yang dipusatkan di Pasar Induk Penajam Kilometer 4 Nenang. 

Kepala Bidang (Kabid) Budaya dan Pariwasata Dishubbudpar PPU, Darmawan saat ditemui mengatakan, kegiatan Pesta Adat Belian Benou Taka 2016 ini merupakan kegiatan pemerintah daerah,  namun secara tehnis pelaksanaannya langsung diserahkan  kepada Lembaga Adat Paser (LAP) yang ada di PPU. 

“Secara teknis di lapangan pelaksanaan kegiatan ini langsung kita serahkan kepada LAP yang sesungguhnya memiliki kopentensi tentang kegiatan adat Paser ini. Pemerintah daerah dalam hal ini memiliki peran hanya untuk memantau dan bertanggung jawab tentunya terhadap pelaksanaan kegiatan tahunan ini,“ ungkap Darmawan, Kamis (15/12/2016).  

Dikatakan Darmawan, diperkirakan Pesta Belian Adat Paser Nondoi 2016 ini berlangsung meriah, karena kata dia, berbagai rangkaian acara hiburan dalam kegiatan tersebut juga dapat disaksikan langsung oleh seluruh masyarakat PPU, antara lain seperti kegiatan pagelaran hiburan rakyat, pawai budaya, pentas seni dan budaya, prosesi larung jakit dan sebagainya semua ada disana.  

“Rencananya acara ini dibuka langsung oleh Bupati PPU, Yusran Aspar pada hari ini, Jumat 16 Desember 2016 pukul 13. 00 Wita di Pasar Induk, Kilometer 4 Nenang, Penajam,“ kata Darmawan. 

Ia menerangkan, kegiatan ini merupakan implementasi suatu kegiatan yang memadukan unsur budaya lokal dengan unsur hiburan dan dikemas sebagai ajang untuk menampilkan beraneka ragam budaya khas daerah dalam rangka melestarikan budaya asli PPU. Dirinya mengatakan, berbagai hiburan rakyat tersebut memang disajikan bagi seluruh pengunjung yang datang. Untuk sukses dan meriahnya acara tersebut lanjutnya,  dirinya juga mengnharapkan partisifasi dan dukungan seluruh masyarakat PPU. 
  
“Kegiatan ini juga merupakan ajang promosi yang selektif dan tepat untuk membangun citra yang peduli terhadap seni dan budaya asli daerah dan meningkatkan keinginan masyarakat PPU untuk menganal budayanya sendiri. Untuk itu, silahkan hadir dan saksikan langsung  kegiatan Pesta Belian Adat Paser Nondoi 2016 yang dilaksanakan di pasar induk kilometer 4 Penajam mulai hari ini, “ imbuhnya. (humas6)






Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM