Desember 15, 2016

Kuliah Umum SI PIN Unmul, Yusran Aspar : Pembangunan Daeran Perlu Keikutsertaan Masyarakat dan Swasta




Bupati PPU dan Wabup Mahulu bersama mahasiswa S1 PIN Unmul
SAMARINDA, KABARKALTIM.CO.ID-Di hadapan ratusan mahasiswa S1 Pemerintah Integrasi (PIN) Fakultas  Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman, Samarinda, Bupati PPU Yusran Aspar menjadi pemateri dan berbagi pengalaman. Kuliah umum mengusung tema Otonomi Daerah “Strategi Daerah untuk Service dalam Pembangunan Daerah dengan Defisit Anggaran", berlangsung di Aula Rektorat Lantai IV Universitas Mulawarman Samarinda, Rabu (14/11/2016). 


Hadir Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik M. Noor, Ketua Program Studi SI Pemerintah Integratif Phil Ketut  Gunawan, Wakil Bupati Mahakam Hulu  Yohannes Juan Janau yang juga menjadi salah satu pemateri pada kuliah umum dan ratusan para mahasiswa dan mahasiswi SI Pemerintah Integratif Unmul. 


Yusran menyampaikan bahwa hal utama yang mendasar dalam pembangunan daerah tidak hanya merupakan peran pemerintah saja, juga keikutsertaan para masyarakat bersama dengan swasta. 

Terlebih lagi dalam menyiasati kondisi keadaan saat ini semua kabupaten/kota dituntut berpikir dan melakukan strategi khusus untuk pembangunan. "Di tengah keadaan seperti ini namun harus tetap optimis dengan cara yaitu memberdayakan setiap potensi daerah yang ada dan ini pasti bisa dilakukan bila dilakukan secara perlahan dan bersama-sama  dengan cara yang tepat," kata Yusran. 


Ia juga menjelaskan terlepas dari keadaan yang ada, pemerintah terus berupaya bahkan perlahan melakukan inovasi dalam strategi untuk tetap survive dalam pembangunan daerah terlebih untuk kemajuan daeran dalam sektor pembangunan dan pelayanan  sehingga perlu adanya seperti  inovasi-inovasi yang perlu dilakukan. 

"Di Kabupaten PPU seperti LPSE dengan inovasinya berupa SIMPLE (Sistem Pengadaan Langsung Elektronik) dimana inovasi ini mengatur terkait dalam hal pengadaan langsung, serta E Budgedting dan ini bisa menjadi pendukung dalam strategi mengatur pengelolaan anggaran dan tidak saja sudah berjalan, alhmdulilah juga mendapat penghargaan,“ jelas Yusran. 


Dan strategi yang utama dalam menunjang survei pemerintah di tengah pembangunan dengan anggaran yang defisit ini dengan melakukan pengelolaan anggaran dengan sebaik mungkin dan efisien serta ditunjang oleh peran masyarakat bersama dengan pihak jajaran swasta dalam menyiasati persoalan yang ada. 


Tidak hanya dari inovasi dan strategi-sttertegi  tersebut adanya inovasi lain seperti UPTD PU yang sudah berjalan hingga saat ini merupakan salah satu solusi dalam menjawab persoalan infrastruktur dan tidak hanya untuk kemajuan pemerintah tetapi bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. 

"Dengan cara yang cepat, mudah dan tidak memakan waktu lama cukup melakukan koordinasi oleh jajaran perangkat desa dan kecamatan sudah bisa dilakukan secara langsung terhadap persoalan jalan di lingkungan pedesaan dan kecamatan dan ini juga bisa menghemat pengeluaran masyarakat," urai Bupati Yusran. 


Serta dengan adanya teknologi-teknologi yang sudah sangat menunjang saat ini merupakan salah satu penunjang dalam melakukan pembangunan sehingga ke depan pemerintah melakukan pembangunan dan pelayan lebih dapat berjalan dengan baik dan mudah


Yursan juga menjelaskan adanya kuliah Umum yang dilakukan oleh jajaran S1 Pemerintah Integratif Samarinda ini merupakan salah satu cara dalam menyinergikan pemahaman terkait persoalan pembangunan di pemerintahan serta bisa menajdi sarana pengetahuan baik antar daerah satu dengan daerah lain yang mungkin mengalami persolan yang sama.  

"Terlebih  lagi bisa menjadi sarana bertukar informasi ataupun solusi untuk kemajuan suatu daerah,. Mahasiswa mahasiswi S1 PIN merupakan calon-calon generasi penerus di jajaran pemerintah dan itu harus lebih baik dan lebih maju dari apa yang ada sekarang,“ tutupnya (humas13)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM