Desember 20, 2016

Parakkasi Pemenang Pilkades Suka Rahmat


Parakkasi -merah putih di dada. (baharsikki/kk)
SANGATTA, KABARKALTIM. CO. ID-  Pesta demokrasi 6 tahunan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Suka Rahmat terlaksana sukses sesuai agenda. Lima kandidat bersaing memperebutkan 1.659 suara dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) berjumlah 2.729 pemilih. Alhasil, calon nomor urut 2 Parakkasi memperoleh 575 suara, nomor urut 1 Nuralam memperoleh 509 suara, nomor urut 4 Sukristiono memperoleh 256 suara, nomor urut 5  Mochammad Sukarsum memperoleh 235 suara, dan nomor urut 3 Jhoni Riring memperoleh 67 suara, serta 17 suara dinyatakan  batal.


Pencoblosan digelar di Gedung Pertemuan, Kantor Desa Suka Rahmat, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Kutai Timur mulai pukul 08.00 Wita sampai pukul 17.05 Wita, Selasa (20/12/2016). Dalam prosesi pencoblosan sempat terjadi ketegangan antar panitia dengan
Pemilih memasukan surat suara ke dalam kotak. (baharsikki/kk)
para pemilih. Pasalnya, ada warga yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) domisili di wilayah Desa Suka Rahmat, tapi panitia tidak membolehkan ikut mencoblos. Karena warga tersebut tidak membawa kartu undangan Pilkades, serta tidak tercatat dalam DPT. Sehingga panitia pemungutan suara memutuskan bagi warga yang tidak membawa kartu undangan PIlkades, dan tidak tercatat dalam DPT tidak boleh ikut mencoblos. 

“Ini keputusan panitia,” tegas Edy,panitia pemungutan. Dalam DPT menurut beberapa warga, ada orangnya sudah meninggal dunia tapi namanya tercatat. Juga ada suaminya tercatat di DPT tapi istrinya tidak. “Ini sedikit memang masalah. Namun setelah diberi pemahaman bagi warga yang tidak tercatat dalam DPT, akhirnya mereka mengerti tidak memaksakan diri ikut mencoblos,” paparnya.

Nuralam mengikuti prosesi penghitungan perolehan suara sempat deg-degan. Karena ketika penghitungan dilangsungkan, perolehan suara antar nomor urut 1 dan nomor urut 2 kejar-kejaran. Kadang Nuralam unggul sementara, berikut disalip lagi perolehan suara nomor urut 2. Hingga penghitungan terakhir surat suara, ternyata suara nomor urut 2. Perolehan suara antara nomor urut 1 dan nomor 2  selisih 66 suara. Sehingga panitia menyimpulkan, bahwa Parakkasi selaku pemenang Pilkades Suka Rahmat karena memperoleh suara sah terbanyak dari 4 kandidat calon Kades lainnya.

Baik Nuralam, Jhoni Riring, Sukristiono maupun Mochammad Sukarsum mengaku pasrah menerima peroleh suara. “Saya mendukung pemenang Pilkades Suka Rahmat. Mudah-mudahan kepala desa terpilih (Parakkasi, Red) mampu menyukseskan pelaksanaan program pembangunan yang dicanangkan bupati. Yaitu, Gerbang Desa Madu,” harap Sukarsum optimistis usai penghitungan perolehan suara. (ri)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM