Rabu, 09 November 2016

Veteran Wafat, Sejatinya Dikubur di Makam Pahlawan

Soekarno. (baharsikki/kk)
SANGATTA, KABARKALTIM. CO. ID- Ketua Legiun Veteran Kutim Soekarno menyatakan, amggota veteran Kutim yang wafat sejatinya dikubur di makam pahlawan Namun, di Kutim hingga saat ini belum punya makam pahlawan. Sehingga beberapa anggota veteran yang dipanggil duluan menghadap pangku Ilahi hanya di kubur di TPU (Tempat Pemakaman Umum, Red).

TPU saja di Kota Sangatta sulit dicarikan lahan yang tepat. Karena perkuburan di Sangatta Lama sudah penuh. Jadi untuk lahan makam pahlawan belum ada tanda-tanda di mana lokasinya. Padahal idealnya tiap daerah punya makam pahlawan.

"Kalau macam saya nantinya sudah meninggal. Tergantung keluarga. Mau dikubur dimana, terserah. Tidak mewasiatkan harus dikubur di makam pahlawan," tutur Soekarno ketika ditemui usai hadiri upacara peringatan Hari Pahlawan di tribun lapangan Setkat, Bukit Pelangi,  Kamis (10/11/2016)


Soekarno merasa bersyukur  karena diusiannya 75 tahun masih diberi kekuatan dan kesehatan sempat hidup Allah SWT. Gaji pensiun veteran yang diterima  Soekarno senilai Rp 1.450.000,- tiap bulan digunakan sebagai penopang hidup keluarga. Bahkan Soekarno sendiri selain berladang, ia juga membuka usaha warung makan perjuangaan di Kabo Jaya.

"Kalau tahun-tahun sebelumnya ada tali asih dari Pemkab Kutim, sebagai tambahan penghasilan. Kalau peringatan Hari Pahlawan ini, tidak ada lagi," beber Soekarno setelah mengikuti apel Hari Pahlawan dengan inspektur upacara Dandim 0909 Sangatta Setyo Wibowo dengan komandan apel Kapten Inf  Achmad Zaidi.

Soekarno mengelompokan tiga bagian yang disebut veteran. Ada veteran pejuang. Ada veteran pembela. Dan, ada veteran perdamaian. "Saya ini masuk dalam tiga golongan veteran. Karena pernah gabung dalam pasukan perdamaian dunia, yakni PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa, Red).Penghargaan tiga bintang tanda jasa milik Soekarno digantung di baju jas kebesaran legiun sebelah kiri dada sebagai bukti tanda perjuangan kemerdekaan Indonesia. Semasa masih aktif sebagai tentara, Soekarno mengaku sudah tak terhitung banyaknya orang yang ditembak mati. (ri)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM