Kamis, 10 November 2016

Rekam Jejak Bupati PPU Yusran Aspar dalam Membangun Daerah (Bagian 1)


CIPTAKAN BERBAGAI TEROBOSAN UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PPU

CATATAN : SUBUR PRIONO (HUMAS 6)
  
Slogan Kerja, kerja, dan kerja yang digaungkan Joko Widodo dan Jusuf Kalla kini telah
diwujudkan oleh Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur.
 Hasilnya memang luar biasa, PPU diganjar penghargaan tingkat nasional sebagai inovasi terbaik pelayanan publik 2015.

Inovasi terbaik pelayanan publik
Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dapat dikatakan kabupaten kaya di Indonesia. Berbagai potensi sumber daya alam ada di dalamnya, mulai sektor pertanian, perkebunan, perikanan, kehutanan, pertambangan dan sebagainya. Namun jika daerah ini tidak dipimpin oleh orang yang berpengalaman seperti sosok Bupati PPU, H. Yusran Aspar, bisa saja tanah Benua Taka kini tidak seperti sekarang.

Di dalam masa jabatannya sebagai Bupati PPU, Yusran Aspar telah berhasil mengantarkan daerah ini menuju kabupaten yang maju bahkan di usianya yang masih sangat muda, mampu sejajar dengan Kabupaten/Kota lainnya di Kaltim yang usianya terpaut jauh dengan Kabupaten PPU. Keberhasilan seorang Yusran Aspar ini tentunya patut dicontoh bagi seluruh daerah yang ada di Kaltim.  Dengan berbagai gagasan dan inovasi yang telah diciptakannya, telah mampu mengubah sebuah Kecamatan Penajam menjadi Kabupaten PPU yang maju.


Indikator yang paling gampang diukur adalah keberhasilan daerah ini dinilai dengan banyaknya daerah memperoleh penghargaan melalui program kerja dan bebagai gagasan yang telah diciptakan untuk kesejahteraan seluruh masyarakat Kabupaten PPU, baik penghargaan di tingkat Provinsi Kaltim maupun tingkat nasional yang telah diterima.

Dibawa kepemimpinan Bupati Yusran Aspar Pemerintah Kabupaten PPU dalam pembangu nan dan pelayanan publik menunjukkan kerja keras, kerja cepat dan terukur. Tengok saja, dalam pembangunan insfrastruktur salah satunya,  tahun 2014 lalu, Yusran Aspar telah sukses membetuk UPT PU dimasing-masing Kecamatan yang ada di PPU. Bahkan melalui unit ini, langsung mampu bekerja ekstra cepat dalam menangani permasalahan-permasalahan infrastruktur wilayah seperti pembangunan jalan baru, perbaikan jalan, tanah longsor, drainase dan lain-lain.

 
UPT-PU
Pembentukan UPT PU tersebut kata Yusran Aspar bukan tanpa alasan. Ia menegaskan perbaikan infrastruktur merupakan kebutuhan mendesak yang menjadi kunci keberhasilan dalam usaha perbaikan ekonomi di pedesaan atau kelurahan yang ada di PPU. Selain itu, usulan pembangunan infrastruktur jalan pada suatu daerah harus  melalui proses yang panjang dan kerap usulan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat yang diajukan tersebut hanya menguap di tengah jalan.

Tetapi kondisi itu telah berubah drastis. Dalam hitungan beberapa bulan saja, kerja UPT PU telah mampu menciptakan ratusan kilometer jalan baru, perbaikan jalan, drainase dan sebagainya di seluruh wilayah Kabupaten PPU. Bahkan jika dihitung-hitung, melalui UPT PU yang ada, daerah telah mampu melakukan penghematan anggaran hingga ratusan miliar setiap tahun. “Walaupun defisit anggaran, UPT PU Kecamatan jalan terus,“ kata Yusran Aspar dalam satu kesempatan.

Puncak keberhasilan gagasan orang nomor satu di PPU  ini, UPT PU kecamatan yang ada memperoleh penghargaan tingkat nasional sebagai inovasi terbaik pelayanan publik tahun 2015 yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia di Istana Presiden saat itu. Bahkan inovasi mantan Anggota DPRRI ini didaftarkan pada tingkat internasional sebagai inovasi terbaik di dunia.

Kerja cepat Yusran Aspar dan jajaran pemerintah Kabupaten PPU juga ditunjukan dengan berbagai pelayanan publik lainnya yang ada di PPU. Dengan terus menciptakan berbagai terobosan dan inovasi yang tiada henti menjadikan kabupaten muda di kaltim ini patut diacungi jempol di antaranya adalah seperti pembangunan pembangkit  listrik tenaga surya (PLTS), pembangunan instalasi air minum atau WTP dan program Ambulans Desa yang diciptakan sebagai upaya dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pedesaan di PPU. (bersambung...)


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM