November 29, 2016

Laporan Keuangan Berbasis Aktual, Hindari Terjadinya Kesalahan



Diklat Gelaran BKD Kabupaten PPU 


Dikltat gelaran BKD Kabupaten PPU
PENAJAM, KABARKALTIM.CO.ID-Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Senin (28/11/2016) menggelar diklat penerapan akuntansi pemerintah daerah yang berbasiskan aktual. Acara dibuka staf ahli bidang Ekonomi dan Keuangan H Sutrisno SKM MM, didampinggi beberapa staf ahli lainnya seperti Rahman Nurhadi Staf ahli Pembangunan, Suyanto Staf Ahli Pemerintahan, Hebring Staf Ahli Kemasyarakatan dan SDM, Firmansyah staf ahli Hukum dan Politik dan Surodal Kepala BKD.

Pengisi pemateri dari Pusdiklat Kemendagri Regional Yogyakarta Alfian Misran, kegiatan digelar selama 4 hari. Jumlah peserta yang mengikuti diklat tersebut 40 orang dari beberapa SKPD di kPPU,dan jumlah jam pelajaran diambil sekitar 40 jam pelajaran.


Peserta dikltat menyimak serius paparan yang disampaikan
Sutrisno berpesan kepada seluruh SKPD di PPU dalam memberikan laporan keuangan berbasis aktual, untuk menghindari hal-hal yang yang mungkin terjadi kesalahan baik masalah keuangan atau masalah aset daerah sehingga dengan adanya diklat ini  mereka-mereka yang mengikuti ini akan lebih akutabel, transparan dan masalah bisa dihindari dari awal. 

"Yang jelas mereka akan menjadi proporsional dalam bekerja nantinya," harapa Sutrisno.

Sementara Kepala BKD Surodal mengharapkan dari diklat ini, bisa diterapkan standar akutansi Pemerintah Daerah yang berbasiskan aktual, yang amanat  sesuai dengan Peraturan Pemerintah No.71 Tahun 2010 tentang standar akutansi pemerintah, dilanjutkan dengan Permendragi 64 tahun 2013 penetapan standar akuntansi pemerintah aktual pada pemerintah daerah. 

"Maksud dan tujuannya sebagai pedoman Pemerintah Daerah dalam rangka penerapan SAP (standar Akutansi Pemerintahan) berbasil aktual," kata Surodal. 

Selain itu kegiatan ini juga bisa menjadikan kader-kader tenaga keuangan, sehingga terimplikasi terhadap pengelolaan keuangan di SKPD yang semakin meningkat, pekerjaan hingga bekerja proporsional. dan sangat kecil kesalahan-kesalahan pekerjaan yang dilakukan.  (alpian-hms 04)
  

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM