Selasa, 08 November 2016

Kampung KB Ditanami Bibit Pohon Buah


Bupati Kutim Ismunandar. (baharsikki/kk)

SANGATTA, KABARKALTIM. CO. ID- Aksi penghijauan untuk mewujudkan Kaltim green terus dilaksanakan pihak terkait. Seperti, Rabu (9/11/2016) Bupati Ismunandar, Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Ketua PKK Encek UR Firgasih serta pemangku kepentingan lainnya melakukan aksi tanam bibit pohon  buah di wilayah RT 06, Desa Suka Rahmat, Kecamatan Teluk Pandan.

Dipilihnya Suka Rahmat sebagai lokasi penanaman bibit buah, karena wilayah itu ditetapkan sebagai Kampung KB (Keluarga Berencana, Red). Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kaltim bersama Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kutim selaku leading sector menggelar sosialisasi integrasi Kampung KB dirangkai penanaman bibit pohon buah-buahan.


“Kalau tidak ikut ber-KB tidak usah dikasih bibit buah,” tegas Ismunandar. Penanaman bibit buah ini dimaksudkan untuk mewujudkan lingkungan hijau, dan tanaman pohon tumbuh besar,
Kampanyekan 2 anak cukup. (baharsikki/kk)
bila tiba waktu berbuah, buahanya bisa dimakan. Manfaat tanam bibit buah jelas untuk kelangsungan hidup manusia.

Untuk itu, tanaman bibit buah yang sudah ditanam sebaiknya dipelihara dengan baik. Jangan sampai usai tanam bibit buahnya, tanamannya dibiarkan telantar. Kalau begitu, hasilnya tidak ada. Pemkab Kutim inginkan aksi tanam bibit pohon buah ini dijadikan motivasi  bagi warga tani dalam usaha budidaya tanaman holtikultural. Lahan-lahan kosong segera ditanami. “Tapi kebun orang jangan ditanami bibit buah,” imbuhnya. 

Sebelumnya, Kepala BKKBN Kaltim Teguh menyatakan, rangkaian kegiatan  pada Kampung KB anggarannya dari APBD Kaltim dan APBN. Penetapan Kampung KB untuk menyukseskan program keluarga sehat dan sejahtera memiliki indikator tertentu. Membangun Kampung KB bukan hanya menjadi tanggungjawab BKKBN Kaltim, tapi merupakan tanggungjawab  semua pihak terkait lainnya. Di antaranya Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan dinas terkait lainnya.

Kepala BPPKB Aisyah menambahkan, aksi penanama bibit pohon buah untuk Kutim ditetapkan pada tiga zona sebanyak 1.000 bibit pohon buah beragam jenis. Untuk Kampung KB di Suka Rahmat, aksi serimonialnya dohelat di Jl Daeng Massese, sekira lebih 1.000 meter masuk ke dalam dari simpang Jl Poros Bontang- Samarinda. Sosialisasi integrasi Kampung KB dengan aksi menanam bibit buah digelar terpisah berjarak sekira 600 meter. Sosialisasi Kampung KB digelar di kolong tenda samping Masjid Mu’minin. Sedangkan penanaman bibit buah jambu dilakukan di pekarangan Sekretariat Kampung KB, Desa Suka Rahmat. (ri)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM