Rabu, 12 Oktober 2016

Yusran Ikuti Pertemuan bersama President Rusian Railways

Tahapan KA Borneo Mulai Dikerjakan
 

PENAJAM, KABARKALTIM.CO.ID-Bupati Penajam Paser Utar (PPU) H Yusran Aspar ikuti pertemuan penting pembahasan pembangunan Kereta Api (KA) Borneo bersama Presiden Rusian Railways dari Rusia. Pertemuan  ini dipimpin oleh  Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak yang dihadiri juga Bupati Kutai Timur dan sejumlah pejabat terkait di lingkungan Pemprov Kaltim dan PPU, Rabu (5/10/2016) di Jakarta belum lama ini.

Saat ditemui setelah kegiatan tersebut, Yusran Aspar mengatakan pelaksanaan pembangunan Kereta Api (KA) Borneo hingga saat ini progresnya terus berjalan. Sebagai langkah awal kata dia, pihak Rusia  saat ini akan membangun pelabuhan sandar perusahaan mereka di Kawasan Industri Buluminung (KIB) PPU. 


“Memang pembangunan KA ini butuh proses panjang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun dalam pertemuan saat ini pihak perusahaan telah membuktikan kesiapannya,  yang pertama mereka akan membangun pelabuhan, kemudian membangun techno park di sana. Mereka juga sedang membawa partner-partner mereka dari Rusia ke PPU untuk berinvestasi. Ini adalah sebuah langkah maju, ketika dulu kita tidak dilirik, kini berbagai investasi besar luar masuk ke PPU,“ terang Yusran.

Diterangkan Yusran Aspar bahwa perusahaan Rusian Railways tersebut informasinya merupakan perusahaan ketiga terbesar di dunia. Bahkan menurutnya lagi, informasi tenaga kerja yang ada di dalamnya hingga jutaan orang.
 
“Jika perusahaan ini telah berjalan di Kaltim khususnya di Kabupaten PPU, maka dijamin investasi ini akan menyerap tenaga kerja kita secara besar. Karena memang pihak perusahaan telah berjanji mengutamakan putra daerah di Kaltim. Hal itu juga telah dibuktikan dengan banyaknya putra daerah di Kaltim yang mereka sekolahkan di negaranya saat ini,“ jelasnya. 

Keseriusan Rusia tersebut lanjutnya juga telah dibuktikan melalui pembebasan 140 hektare lahan di wilayah KIB. Sebagai langkah awal saat ini, KA Borneo telah melakukan persiapan lahan seluas 30 hektare yang akan digunakan sebagai pelabuhan dan techno park, yang di dalamnya juga dibangun berbagai perusahaan penting seperti truk kiemas, pipa, pelet kayu, bahan rumah murah dan sebagainya. 

Dari pertemuan tersebut juga, Gubernur Kalimantan Timur menerangkan bahwa Pemprov Kaltim bersama Kabupaten PPU telah konsisten untuk memberikan dukungan terhadap percepatan pembangunan KA Borneo yang ada di daerahnya.
 
Hal itu kata Awang, dapat dibuktikan salah satunnya dengan langkah dan usaha  yang dilakukan pemprov bersama daerah  telah mengajukan revisi terkait angkutan perkeretaapian kepada Menteri Perhubungan. Selain itu pihaknya juga telah memberikan segala kemudahan bagi perusahaan besar ini untuk membangun di daerah Kaltim. 

“Ini adalah wujud keseriusan kita di daerah untuk memudahkan terlaksananya  pembangunan tersebut. Berbagai keperluan yang dibutuhkan telah kita permudah seperti masalah pembebasan lahan, izin lokasi izin prinsip dan sebagainya,“ terang Awang.
 
Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Direktur utama PT. KA asal Rusia ini, Sergey Kusnetsov mengungkapkan sangat berterima kasih kepada daerah di Kaltim. Sebagai langkah awal, saat ini pihaknya akan mengajukan izin ke pemerintah, terkait izin pembukaan lahan untuk pelabuhan, terminal dan techno park. 

Saat ini menurut dia, skejul rencana mereka melakukan proses desain pembangunan sentral pelabuhan, dan pada tahun ini juga pihaknya sedang melakukan negosiasi dengan beberapa  perusahaan tambang di Kalimantan sebagai bagian dari rencana skema bisnis mereka di sektor perkeretaapian pengangkutan batu bara.
 
“Presiden Rusian Railways mengungkapkan mendukung dan akan mendorong semua investasi melalui beberapa perusahaan besar di Rusia agar dapat melakukan insvestasi di Kaltim. Terutama di sektor perkeretaapian pengangkutan kargo berbagai jenis barang seperti batu bara, kelapa sawit dan sebagainya,“ pungkasnya. (humas6)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM