Jumat, 21 Oktober 2016

Maksimalisasi Lahan Pertanian, Perwira Kaltim Dukung Swasembada Beras


Perwira Kaltim memiliki program maksimalisasi lahan pertanian
TENGGARONG, KABARKALTIM.CO.ID-Pemberdayaan ekonomi kerakyatan menjadi tujuan penting Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia (Perwira) Kalimantan Timur yang dipimpin Sumaria Daeng Toba. Kegiatan yang dilakukan seperti pembinaan para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di berbagai kabupaten/kota di Kaltim. Termasuk Perwira Kaltim sendiri mempunyai usaha yang dikelola para pengurusnya, dan mengembangkannya menjadi peluang usaha dan kerja bagi masyarakat luas. 

Sumaria dan Ketum Perwira Elza Syarief
Program lain yang Sumaria dan jajarannya sasar yaitu membantu pemerintah provinsi dalam mewujudkan swasembada pangan, khususnya beras di Kaltim ini. Hal ini dari kunjungan kerja Sumaria dan pengurus lainnya ke wilayah Kutai Kartenagara (kukar) dan juga wilayah pertanian lainnya seperti Penajam Paser Utara (PPU). 

"Dari diskusi dengan petani di wilayah Kukar, potensi besar mengenai pertanian padi, dan itu harus dikembangkan. Perwira Kaltim bermitra dengan kelompok tani, tujuan kami membantu dalam terwujudnya swasembada beras di Kaltim," jelas Sumaria kepada kabarkaltim.co.id, belum lama ini. 


"Lahan pertanian masih tersedia luas, kami mendorong manfaatkan maksimal lahan-lahan pertanian itu, baik di Kukar, PPU maupun kabupaten lainnya di Kaltim. Ketahanan pangan sangat penting, Perwira Kaltim bersama kelompok-kelompok tani akan memaksimalkan lahan pertanian yang ada," imbuh Sumaria. 

Disebutkan, menjadi bagian usaha Perwira Kaltim, pihaknya akan membeli gabah/padi hasil panen petani dengan harga kompetitif dan memasarkan dalam bentuk beras di wilayah-wilayah di Kaltim. 

"Kami berharap ke depan, Kaltim sudah mampu swasembada beras. Petani di Kaltim pun diharapkan dapat sejahtera, tidak dipermainkan tengkulak, namun hasil panennya dapat harga yang bagus," beber Sumaria. (tw)  
 
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM