Senin, 24 Oktober 2016

Akhir Tahun 2016 T.I Kaltim Sibuk, Mengapa???

SAMARINDA.KABARKALTIM.CO.ID - Tri wulan akhir tahun 2016 ini menjadi masa yang padat bagi insan olahraga taekwondo di Kalimantan Timur. Pasalnya beberapa agenda sekelas propinsi dan nasional sudah berjajar menunggu di depan untuk segera dilaksanakan. 

Minggu ini saja ada dua agenda penting yang telah dijadwalkan. 27 Oktober Pengurus Provinsi Taekwondo Indonesia Kalimantan Timur (Pengprov T.I Kaltim) hendak melangsungkan Pra Musyawarah Provinsi (Pra Musprov), sementara pada 28 hingga 30 Oktobernya adalah Gelaran Kejuaraan open skala propinsi besutan Pengcab T.I Samarinda sudah siap menanti.

Sementara itu Pengprov T.I Kaltim juga mesti bersiap untuk menghadapi agenda Nasional pada awal Desember nanti yaitu Kejurnas Junior dan Pra PON Remaja di Jawa Timur. Terkait hal itu artinya Pengprov T.I Kaltim mesti melangsungkan agenda seleksi atau kejuaraan untuk mendapatkan atlit yang akan mewakili Kaltim pada agenda nasional tersebut.

1. Pra Musprov

Kepengurusan Propinsi T.I Kaltim sudah lewat masa aktifnya, dan Musprov sempat tertunda karena agenda akbar Pekan Olahraga Nasional September silam. Artinya apapun alasannya, suksesi tampuk pimpinan Taekwondo Kaltim harus segera dilangsungkan. 
Sebagai catatan, bahwa Pengprov T.I Kaltim saat ini masih dinahkodai oleh Andi Harun, yang notabene telah menorehkan sejarah dengan berbagai prestasi dan hal fenomenal untuk taekwondo Kaltim selama dua periode kepemimpinannya. 
Terkait AD/ART yang mengharuskan kepengurusan tidak bisa dipimpin oleh sosok yang sama untuk periode ke tiga, membuat Pengprov T.I Kaltim berinisiatif menggelar acara Pra Musprov, guna menjaring masukan dari Pengurus Cabang/Kota di wilayahnya dan evaluasi umum tentang kepengurusan yang akan demisioner  ini. Dan tidak tertutup kemungkinan akan muncul figur-figur sebagai calon Ketua pada periode selanjutnya. 

Alfons T. Lung, selaku Sekum T.I Kaltim mengkonfirmasi pada media ini beberapa waktu yang lalu, bahwa Pra Musprov digelar  agar supaya pada Musprov nya nanti bisa berjalan lancar karena sudah diawali dengan Pra Musprov terlebih dahulu. "Kami berharap pada agenda Pra Musprov segala hal berbentuk uneg-uneg dari Pengcab/Pengkot tentang Kinerja Pengprov selama ini bisa tertuang di acara ini", ujarnya.

Alfons juga menyebutkan bahwa dalam acara Pra Musprov memungkinkan adanya penjaringan bakal calon untuk dicalonkan pada Musprov yang akan datang.

Pra Musprov T.I Kaltim rencananya akan digelar 27 Oktober malam di Hotel Amaris Samarinda.

2. Samarinda Taekwondo Tournament Invitation (STTI) 2016

Meskipun acara kejuaraan ini bukan menjadi agenda Pengprov T.I Kaltim, melainkan acara yang dihelat oleh Pengcab T.I Samarinda, namun setidaknya kegiatan ini telah mendapatkan restu dari Pengprov T.I Kaltim untuk digelar sebagai wadah pembinaan prestasi di Wilayah Kaltim.

Tercatat oleh media ini, bahwa praktis di tahun 2016 ini belum tergelar ajang kompetisi sekelas Kejuaraan Propinsi di Kalimantan Timur. Kejuaraan Propinsi  terakhir terlangsung di Bontang pada 2015 silam, di mana Kutai Kertanegara dan Balikpapan Sukses sebagai yang terbaik saat itu. 

Meskipun sedikit terobati dengan adanya agenda multi event besutan Dispora Kaltim yaitu Pekan Olahraga Pelajar di Tenggarong Agustus Silam, lagi-lagi Balikpapan unggul di cabor ini. 

Bersangkat dari kondisi inilah, menggerakkan hati para penggiat olahraga asal Korea Selatan ini untuk terus berupaya mewadahi calon-calon atlit yang akan menjadi andalan Kaltim di masa yang akan datang. Sehingga Pengcab T.I Samarinda kembali menggelar agenda ini untuk kali kedua setelah sukses dengan acara serupa pada 2015 silam. 

Edhi Harto, selaku Sekum Pengkot T.I Samarinda mengungkapkan pada media ini, bahwa kejuaraan ini bersifat open untuk semua club dan unit di wilayah Kalimantan Timur. "Kami gelar untuk level Pra Kadet (Pemula.red) hingga level Junior, dan nomor tanding kyorugi (fight) dan poomsae (seni)", papar Edhi.

Kejuaraan bertajuk STTI ini akan dilangsungkan pada 29-30 Oktober mendatanag di Dojang Taekwondo Kaltim. Kejuaraan memang sempat tertunda satu minggu dari jadwal semula, namun tak menyurutkan para peserta yang telah mendaftar. Hingga berita ini ditulis sudah lebih dari 425 peserta mendaftar sari 18 club ranting se Kalimantan Timur.

3. Seleksi Kejurnas / Kejurprov

Terkait akan adanya Kegiatan Nasional Kejurnas Junior pada akhir tahun ini, tentunya Pengprov T.I Kaltim mesti mempersiapkan segala sesuatunya guna mengikuti agenda tersebut. Kejurnas Junior ini juga merupakan acara yang digabung dengan agenda PON Remaja yang dicancel oleh Menpora karena minimnya biaya dan karena adanya Pekan Olahraga Pelajar Nasional pada tahun 2017 nanti. 

Melalui  Pra Musprov nanti juga akan dibahas mengenai hal ini, tentang mekanisme apa yang akan ditempuh Kaltim dalam menyikapi kegiatan nasional tersebut, apakah dengan metoda seleksi atau Kejuaraan Propinsi.

4. Kejurnas Junior & Pra PON Remaja 

Sebagaimana termaktub dalam surat edaran dari Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) kepada seluruh Ketua Pengprov se Indonesia, tentang perubahan jadwal Kejurnas Junior dan PON Remaja, disebutkan bahwa dikarenakan Kemenpora akan membatalkan PON Remaja tahun 2017, dan karena Kejurnas Junior hampir 2 tahun terakhir tidak terlaksana (terakhir 2014), maka PBTI berinisiatif untuk tetap melangsungkan ajang resmi kompetisi yang merupakan penggabungan dua kegiatan besar tersebut menjadi satu acara.  

Sesuai surat bernomor B/296/PBTI/X/2016 itu, disebutkan bahwa Kejurnas / PON Remaja Cabor Taekwondo ini akan dilangsungkan pada 2-4 Desember 2016, dengan mengambil tempat di Gedung Graha Pena Jawa Pos Group Surabaya Jawa Timur.

(pras)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM