Jumat, 09 September 2016

Kredit Pajale Ditargetkan Mulai Awal Oktober

Gagasan Bupati Yusran Aspar 

Winarno (haru/kk)
PENAJAM, KABARKALTIM.CO.ID- Program pembiayaan padi jagung dan kedelai (pajale) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), ditargetkan setidaknya mulai dilaksanakan pada awal Oktober 2016 mendatang.


Saat ini program penyaluran kredit bantuan pemerintah kabupaten tersebut masih menunggu payung hukum sebagai dasar pelaksanaan program gagasan Bupati PPU Yusran Aspar tersebut. 

Pimpinan Bank Ibadurahman – Winarno mengungkapkan kepada kabarkaltim.co.id Kamis, (8/9/2016), jika saat ini pemerintah kabupaten masih menyiapkan rancangan peraturan daerah untuk program Pajale. 

"Saat ini gagasan Pak Bupati Kredit Pajale tersebut  kami masih menyiapkan rancangan peraturan daerah untuk program tersebut, " kata Winarno. 


"Namun tidak menutup kemungkinan formula dasar hukum lainnya akan disiapkan untuk mempercepat berjalanya penyaluran kredit bagi petani tersebut," lanjutnya. 

Pasalnya menurut Winarno, penyaluran kredit untuk komoditi pertanian itu juga mengejar musim tanam yang saat ini sedang berlangsung. Ia menjelaskan  pihaknya memberikan bantuan pembiayaan bagi sarana produksi sebesar Rp1,7  juta dan sewa hand traktor sebesar Rp 700 ribu   dengan bunga sekitar 5 persen dan dibayarkan per 6 bulan atau pada masa panen. 

"Untuk program Pajale ini kami menyediakan anggaran sebesar Rp 12 miliar atau untuk pembiayaan lahan pertanian sekitar 12 ribu hektare," tutur Winarno. 

Winarno menambahkan minat petani dalam program pajale ini cukup tinggi. Hal itu terbukti sudah ada 40 petani yang mendaftar pada saat sosialisasi program pajale beberapa waktu lalu. (hmd)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM