Jumat, 02 September 2016

Ketika Budayawan Nasional dan Lokal Berkolaborasi di PPU

Silang Ide, Silaturahmi dengan Kampung-kampung Nusantara 

Mustawim menghadiri silaturahmi budaya (haru/kk)
PENAJAM, KABARKALTIM.CO.ID-Dengan mengemban misi untuk membangun kebudayaan yang ada di Indonesia, Jaringan Kampung Budaya Nusantara, Kamis (1/9/2016) malam, menggelar diskusi dan pameran kebudayaan bersama warga Kelurahan Waru Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).
Tampak kemeriahan para budayawan tergabung di Jaringan Budaya Nusantara saat berkolaborasi dengan seniman-seniman lokal yang ada di Kabupaten PPU, dalam momen diskusi budaya.

Rombongan yang dipelopori oleh Redy Eko Prasetyo dan Trie Utami ini, dalam kunjungan ke Kabupaten PPU merupakan salah satu upaya untuk membangun budaya yang ada di nusantara melalui kampung ke kampung. Dalam momen diskusi bersama masyarakat dan pameran budaya ini juga dihadiri Wakil Bupati Penajam Paser Utara,  Mustaqim MZ, Kepala Dinas Perhubungan Kebupadayaan dan Pariwisata (Disbudpar)  PPU Ady Irawan, Lurah Waru Fahri Rozani Ghofar Serta tokoh masyarakat dan warga se-Kecamatan Waru.

Trie Utami tampil di silaturahmi budaya di PPU (haru/kk)
Trie Utami salah satu artis papan atas yang juga salah satu personel Kampung Budaya Nusantara saat diwawancara kabarkaltim.co.id mengatakan,  bahwa inilah yang harus dilakukan oleh rakyat. 


"Inilah yang harus dilakukan oleh rakyat ,pergelaran budaya nusantara itu seperti ini, kita bisa melakukan ini sesering mungkin dilakukan oleh masyarakat dan untuk masyarakat itu sendiri," kata Trie Utami.
"Kami ke Penajam dalam rangka perjalanan dari kampung ke kampung untuk Jaringan Budaya Nusantara, tadi ada kerasukan saat tarian adat Paser tapi saya menilai begitulah budaya kita, akar budaya kita seperti itu maka terimalah itu sebagai keberagaman, sebagai kebahagiaan bahwa yang ingin bahagia  bukan hanya yang nampak, tetapi yang tidak nampak juga ingin bahagia," lanjutnya.

Selain itu Trie Utami menilai jika PPU sebagai kabupaten yang baru tentu masih banyak PR yang tentu saja bukan PR pemerintah tetapi PR kita semua.

Sementara itu Koordinator Kampung Budaya Nusantara Redy Eko Prasetyo mengatakan kepada media ini, sebetulnya ini adalah kunjungan untuk saling silang ide yang artinya mencoba untuk bersilaturahmi dengan kampung-kampung nusantara terutama di Penajam Paser Utara.

"Kami di Jaringan Kampung  Nusantara itu sebetulnya berharap muncul dan tumbuh berkembang secara auto dari warga-warga kampung yang ada di Benuo Taka bagaimana menghidupkan activity budayanya. Tentu saja dengan potensi-potensi entitas dan lokal genius dari kampung-kampung yang ada di PPU, "ungkap Redy.

"Saya sudah dua kali ke PPU, PPU punya potensi luar biasa, bukan hanya alamnya tetapi manusia kampungnya punya kelebihan yang mampu menjadi kawasan lumbung ide, punya potensi untuk itu. Saya kira bisa merata dan bisa bangkit, terutama bangkit pada konteks kebudayaan karena saya yakin 10-20 tahun ke depan PPU menjadi wilayah yang secara manusia, secara SDM menjadi manusia yang cerdas yang nantinya cerdas akan kebudayaan," tuturnya.

Sedangkan Ketua Kampung Budaya Nusantara Kabupaten PPU Jamal Jamain saat dimintai keterangan  mengatakan, hadirnya teman-teman Kampung Budaya Nusantara nasional ini merupakan salah satu upaya untuk membangkitkan dunia kebudayaan yang ada di Benuo Taka. 

"Ini salah satu langkah atau upaya bersama teman-teman Kampung Budaya Nusantara   untuk mendongkrak atau membangkitkan dunia kebudayaan  yang ada di PPU," kata Jamal. 
"Melalui pertemuan digelar bersama  masyarakat di Kelurahan Waru ini, nantinya menjadi kegiatan rutin untuk meningkatkan dunia seni dan kebudayaan yang dimiliki Benua Taka yang kuat dengan keberagamannya, " lanjutnya.

Meski diakuinya akan banyak pekerjaan rumah yang harus dibenahi dalam dunia seni dan budaya yang ada di Benuo Tala, namun ia optimis 5 tahun yang akan datang Kabupaten Penajam Paser Utara yang tergolong  masih muda ini dapat menjadi salah satu wilayah dengan berbasis kebudayaan yang tinggi melalui kampung-kampung di Benuo Taka. (hmd)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM