Agustus 05, 2016

Suyoso Nantra : Paguyuban Ikut Berperan Membangun Daerah




Rusmadi menjadi Ketua Umum Ikapakarti
BALIKAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Tokoh masyarakat Kaltim yang juga Sekretaris umum Kerukunan Keluarga Besar Gresik (KKBG)  Kota Balikpapan, Suyoso Nantra SSos MM, mengucapkan selamat atas terpilihnya Dr H Rusmadi sebagai Ketua Umum Ikapakarti periode 2016-2021. Rusmadi yang merupakan Sekprov Kaltim ini menggantikan H Bambang Susilo. 

Menurut Suyoso Nantra, paguyuban-paguyuban yang ada mempunyai peran dalam ikut membangun Kaltim, terlebih kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan paguyuban seperti Ikapakarti memberi warna tersendiri bagi Kaltim. 

Suyoso Nantra
"Semua elemen masyarakat punya peran dalam memberikan kontribusi positif bagi pembangunan daerah. Termasuk paguyuban, Ikapakarti sebagai wadah atau paguyuban besar warga Jawa di Kaltim, berperan pesar dalam mendukung pembangunan-pembangunan daerah," sebut Sunan saat diskusi santai bersama kabarkaltim.co.id, baru-baru ini. 

"Saya ucapkan selamat atas terpilihnya Pak Rusmadi mengemban amanah menjadi Ketua Umum Ikapakarti," imbuh Suyoso Nantra yang juga pengurus Forum Komunikasi Keluarga Jawa Timur (FKKJT) Kota Balikpapan. 


Lanjut Suyoso Nantra, kondusivitas Kaltim yang sudah terjaga dengan baik, diharapkan terus terjaga, dimana peran paguyuban ikut andil dalam menjaga kerukunan, kekompakan warga di Kaltim. 

"Penting pula unsur budayanya, seni budaya yang merupakan warisan luhur bangsa perlu dilestarikan. Juga menjadi daya tarik wisatawan bagi suatu daerah. Berbagai paguyuban di Kaltim dengan budaya-budaya yang menarik dan agung, patut dilestarikan," urai dia. 

"Di bawah kepemimpinan Pak Rusmadi, optimis Ikapakarti terus maju, memberikan dampak positif bagi kemajuan Kaltim," tegas Suyoso Nantra. 
Seperti diketahui, Musyawarah Besar (Mubes) III DPP Ikatan Paguyuban Keluarga Tanah Jawi  (Ikapakarti) Kaltim memilih secara aklamasi Dr H Rusmadi (Sekprov Kaltim)  menggantikan Ketua Umum Ikapakarti sebelumnya H Bambang Susilo.

Setelah mendapat kepercayaan memimpin paguyuban tersebut, Rusmadi    menyatakan akan bekerja keras memanggul amanah dengan baik, hingga Ikapakarti Kaltim dapat mengambil peran dan fungsi dengan baik, terutama mendukung program pembangunan yang sedang giat-giatnya dilaksanakan dalam era kepemimpinan Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak menuju Kaltim maju 2018. 

"Selain itu, perlu juga menumbuhkembangkan jiwa dan  semangat membangun. Keluarga besar Ikapakarti hendaknya  terus menggelorakan semangat persatuan,  solidaritas dan kebersamaan di lingkungan paguyuban," kata Rusmadi usai pelaksanaan Mubes III DPP Ikapakarti Kaltim, yang berlangsung  Ruang Serba Guna Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, beberapa waktu lalu. 

Dikatakan, Provinsi Kaltim terdiri beragam etnis  baik asli maupun para pendatang. Penduduknya pun menganut agama berbeda dengan adat istiadat dan budaya berbeda.
Meski demikian, kehidupan masyarakat Kaltim pada umumnya hingga kini tetap aman dan damai dalam suasana yang harmonis. Kondisi ini bisa diciptakan karena semua etnis dan agama bisa hidup berdampingan yang didasari oleh semangat kebersamaan, kepedulian, gotong royong dan dalam solidaritas yang tinggi.

Keluarga besar masyarakat Kaltim tidak mengenal perbedaan, tidak mengenal pengelompokan etnis, tidak ada istilah warga kelas satu atau  kelas dua. Semuanya mempunyai hak yang sama baik di mata hukum, di dalam pemerintahan  maupun di dalam pergaulan masyarakat pada umumnya. 
 
Sebagai warga pendatang, diyakini etnis Tanah Jawi  dan keluarga  Ikapakarti di Kaltim selalu memegang petuah, "Dimana bumi dipijak, di situ langit dijunjung". Artinya, warga yang tergabung di dalam keluarga besar Ikapakarti akan senantiasa hormat dan menghargai penduduk lokal serta lebur sebagai bagian yang tidak terpisahkan di dalam pergaulan sesama keluarga masyarakat Kaltim. (tw/net)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM