Jumat, 12 Agustus 2016

Membentuk Pemuda Tangguh dan Berkarakter


Disdik Kerjasama KNPI Kutim


Kasmidi Bulang (tengah) tiba di Teluk lombok. ( bahar sikki/kk)
SANGATTA, KABARKALTIM.CO.ID- Wakil Bupati Kasmidi Bulang resmi membuka  acara bertajuk, “Kemah Ilmiah Pelajar” di Teluk Lombok, Desa Sangkima, Kecamatan Sangatta Selatan, Jumat (12/8/2016) sore. Acara dalam upaya membentuk pemuda tangguh dan berkarater tersebut dihadiri Ketua DPD KNPI Nasaruddin dkk, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Edy Sofyan, Wakil Ketua PKK Satriani, pihak  manajemen PT. KPC, PT. Pertamina,  tokoh masyarakat, dan undangan terhormat lainnya.


Kasmidi Bulang, yang juga ketua Kwarcab Pramuka Kutai Timur (Kutim) merasa bangga atas terselenggaranya acara penting itu sebagai wadah silaturahmi dalam menambah pengetahuan bagi generasi pelajar demi memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa di era globalisasi dewasa ini.



Sedangkan Nasaruddin menyampaikan apresiasi terhadap perusahaan pertambangan yang telah memberi kontribusi terhadap beberapa kegiatan KNPI Kutim. Pengurus KNPI Kutim senantiasa menyambut baik kegiatan pembinaan terhadap insan pelajar. KNPI selalu mendekatkan diri menggandeng melangkah bersama pengurus organisasi kemasyarakatan, pengurus organisasi kepemudaan dalam rangka mewujudkan visi misi Gerbang Madu.


“Saya mengajak kepada adik-adik, jangan sampai studi dikalahkan dengan organisasi. Sebaiknyya sekolah jadi, dan berorganisasi pun jalan. Antara akademik dan  organisasi bagusnya jalan berimbang,” harapnya.



Nasaruddin mencontohkan, wakil bupati Kutim sebagai bukti nyata bahwa sekolah dan organisasi sama pentingnya. Beliau (Kasmidi Bulang, Red) separuh waktunya aktif di organisasi, dan juga membekali diri melalui sekolah formal. Kasmidi Bulang menjabat ketua DPD KNPI periode 2002-2004. Dia juga aktif di partai politik (Golkar). Dan, ketua Himpunan Keluarga Massendrengpuluh (Hikmah) Kutim.


“Sebagai pemuda Kutim, KNPI rencana melakukan eskpedisi ke gua-gua Karst. Karts ini merupakan destinasi atau tujuan wisata. Oleh karena itu, sejatinya pemuda Kutim tahu objek wisata yang ada di daerah ini. Untuk itu mohon dukungannya,” tukas Nasaruddin.


Sebelumnya, Ketua Panitia Muhammad Saiful Imran menyatakan, Kemah Ilmiah Pelajar dihelat 12-14 Agustus dengan berbagai agenda. Di antaranya, lomba pidato, cerdas cermat, dan pembekalan wawasan kebangsaan. “Gerakan pramuka ini merupakan ekstra kurikuler sekolah berdasar kurikulum tiga belas,” jelasnya.


Kegiatan ini diikuti  28  SLTA (SMA dan SMK) dari 7 kecamatan se-Kutim, yaitu, Sangkulirang, Kaubun, Kaliorang, Bengalon, Teluk Pandan, Sangatta Utara serta Sangatta Selatan. Peserta sebanyak 226 pelajar. Masing-masing 86 pelajar SMK, dan 146 pelajar SMA. Tujuannya adalah memberi pondasi pemikiran guna memfilter pengaruh negatif terhadap dirinya maupun terhadap masyarakat. Juga mendidik pelajar SLTA tentang kemandirian. Dan, membangun kerjasama secara logis. (ri)


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM