Agustus 30, 2016

Efisiensi Anggaran hingga Ratusan Miliar per Tahun


Peran Penting UPT-PU bagi Pembangunan Daerah Kabupaten PPU (1)
Catatan : Subur Priono (Staf Humas Sekretariat Kabupaten PPU)

"Perbaikan insfrastruktur merupakan kebutuhan mendesak yang menjadi kunci keberhasilan serta perbaikan ekonomi di desa atau kelurahan. Infrastruktur daerah kita harus tetap berjalan walau kondisi keuangan terbatas. Itulah keuntungan yang dimiliki kabupaten PPU karena memiliki UPT-PU. Mmeski keuangan sedang sakit pembangunan tetap berlanjut
Yusran Aspar


Yusran Aspar meninjau pengerjaan infrastruktur di PPU
Defisit anggaran daerah saat ini bukan hanya menjadi persoalan di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), namun persoalan penurunan pendapatan daerah beberapa tahun terakhir ini telah menjadi persoalan global. Sebagian besar daerah di indonesia mengalami persoalan yang sama. 

Dalam kondisi demikian, semua daerah mau tidak mau harus berjuang keras bagaimana pelaksanaan pembangunan di daerahnya tetap berjalan dan kesejahteraan masyarakat tetap terwujud. Walau demikian, berbagai dampakpun besar atau kecil pasti dirasakan. Di antaranya, semua kegiatan pembangunan daerah harus berjalan selektif, bersekala prioritas,  perekonomian berjalan melambat bahkan anggaran bagi seluruh aparatur negara pun terkena imbasnya. 


Dalam kondisi demikian ini, Pemkab PPU punya senjata jitu agar pembangunan di daerahnya tetap berjalan. UPT Dinas PU yang merupakan gagasan Bupati PPU, H. Yusran Aspar beberapa tahun lalu ini mampu memberikan jawaban. Dalam kondisi daerah mengalami defisit anggaran, gagasan cemerlang mantan anggota DPR RI tersebut tetap eksis melaksanakan pembangunan di daerah.

Betapa tidak, melalui UPT PU yang ada, anggaran yang digunakan cukup dengan anggaran kecil, proses pelaksanaannya pun sangat cepat dan terarah. Cakupan pekerjaan UPT yang ada pun sangat luas. Mulai jalan umum masyarakat, jalan  usaha pertanian, perbaikan jalan, perawatan jalan, pembuatan drainase dan sebagainya.


Jika pembangunan semua itu dikerjakan tanpa melalui alat-alat yang disediakan oleh UPT PU, diperkirakan membutuhkan anggaran daerah yang tidak sedikit. Bahkan ratusan miliar rupiah hanya untuk melaksanakan pembangunan infrastuktur jalan yang ada. Melalui UPT PU, daerah telah melakukan efisiensi atau penghematan anggaran hingga ratusan miliar per tahun.
  
Salah satu cotoh pengerjaan badan jalan di PPU, jika dikerjakan UPT PU diperkirakan hanya membutuhkan anggaran 10 juta rupiah/kilometer. Hal ini berbanding jauh jika dikerjakan melalui proyek di luar UPT. Belum lagi kita selalu dihadapkan dengan berbagai persoalan dalam pelaksanaannya. Proyek macet, tanah sengketa dan sebagainya kerap timbul. 


Seperti diketahui, bupati PPU H. Yusran Aspar pada tahun 2014 lalu telah meresmikan UPT PU di masing-masing Kecamatan yang ada di PPU. Masing-masing UPT tersebut kemudian dilengkapi dengan sejumlah sarana yang dibutuhkan berupa alat-alat berat seperti exavator, bomag, gleder, dum truk dan sebagainya. Kemudian Dinas PU juga menyediakan sejumlah kebutuhan yang diperlukan didalamnya, mulai  operator alat berat, mekanik, bahan bakar dan sebagainya.


“Perbaikan insfrastruktur merupakan kebutuhan mendesak yang menjadi kunci keberhasilan serta perbaikan ekonomi di desa atau kelurahan. Infrastruktur daerah kita harus tetap berjalan walau kondisi keuangan terbatas. Itulah keuntungan yang dimiliki kabupaten PPU karena memiliki UPT-PU. Meski keuangan sedang sakit pembangunan tetap berlanjut, “ terang Yusran dalam satu kesempatan beberapa waktu lalu.

Pelaksanaanya juga sangat mudah. Masyarakat atau kelompok masyarakat desa atau kelurahan melakukan usulan di masing-masing kecamatan. Kemudian pihak UPT tinggal melakukan monitoring di lapangan selanjutnya tim UPT yang ada mulai mengerjakan berdasarkan dengan urutan pengajuan yang disampaikan.

Pengerjaan UPT PU dilapangan juga tidak memerlukan pembebasan lahan yang membutuhkan proses panjang. Namun dalam pelaksanaannya, cukup dengan memperoleh persetujuan dari masyarakat yang akan dilalui pembangunan badan jalan, karena pembangunan jalan yang dikerjakan memang untuk kepentingan dan  kebutuhan masyarakat.

“Dulu jika masyarakat desa atau kelurahan ingin melaksanakan pembangunan didaerah mereka, proses administrasi yang harus dilalui begitu panjang. Mereka harus melalui musrembang kelurahan, kecamatan hingga kabupaten. Jika berhasil maka pembangunan baru akan dilaksanakan. Kita patut bersyukur, kini semua itu tidak lagi terjadi karena telah ada UPT PU kita yang siap membantu masyarakat, “ terang Yusran.

Menilik kinerja UPT PU di masing-masing kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten PPU selama ini, rasanya pantas gagasan tersebut telah memperoleh penghargaan hingga tingkat nasional sebagai pelayanan pembangunan terbaik kepada masyarakat. Ini adalah sebuah kebanggan bagi pemerintah daerah,  bagi daerah kita, terlebih bagi seluruh masyarakat Kabupaten PPU saat ini dan ke depan. (bersambung...)


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM