Selasa, 19 Juli 2016

PPU Tampilkan Lemari Pengering Pakaian



Pameran Teknologi Tepat Guna (TTG) Kaltim ke IV di Balikpapan






Stan pameran Pemkab PPU
PENAJAM, KABARKALTIM.CO.ID-Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melalui BPM-PD PPU, ikuti pameran Teknologi Tepat Guna  (TTG) tingkat Provinsi Kalimantan Timur yang dilaksanakan di Balikpapan mulai18 – 22 Juli 2016 mendatang.  Kegiatan ini diikuti peserta dari empat institusi yaitu pemerintah, perusahaan, kalangan pendidikan dan pelaku UKM di Kaltim.  

Salah satu tujuan di laksanakan TTG ini juga untuk menampilkan inovasi baru yang ada didaerah. Pameran ini  di buka langsung oleh wagub Kaltim, Mukmin Faisal dengan tema melalui Teknologi Tepat Guna kita wujudkan Kalimantan Timur berkinerja tinggi menuju masyarakat yang mandiri.  



Dikatakan Kepala BPM-PD PPU, Dul Azis, adapun sebagai tuan rumah penyelenggaraan pameran ini, setip tahun digelar secara bergantian. Tahun lalu pelaksanaan pameran dilaksanakan di Kutai Timur, saat ini di Balikpapan dan 2017 mendatang di kabupaten Berau. Sedangkan tingkat nasional di bulan November 2016 dilaksanakan di NTB Kota Mataram

“Kali ini Kabupaten PPU menampilkan lemari pengering pakaian hasil modifikasi oleh salah satu kegiatan laundry Pak Darmadji yang tinggal di Km 1,5 Penajam. Kegiatan dipusatkan di Gedung Dome Balikpapan yang menampilkan berbagai inovasi atau rancangan teknologi penemuan terbaru,“ terang Dul Azis, Selasa, (19/7/2016) . 
  
Diterangkan dia, namun hingga kini pihak pengembang inovasi di PPU tersebut  masih terkendala oleh beberapa hal seperti seringnya mati lampu yang dapat menggangu aktivitas dalam mengelola laundry serta  pada musim penghujan yang dapat menggangu dalam proses pengeringan pakaian yang sudah dicuci. 

“Pengelolaan laundry ini menggunakan bantuan lemari pengering pakaian. Inovasi tersebut telah dimulai sejak tahun 2013 sampai sekarang sehingga tidak ada lagi hambatan dalam memperlancar pengelolaan laundry. Kapasitas lemari pengering pakaian ini tergantung besar kecilnya ukuran lemari. Sedangkan  tabung yang digunakan bisa ukuran 3 kg maupun ukuran 12 kg,“ terangnya. 

Lanjutnya, Desty Laundry yang dikelola Darmadji beserta istrinya ini merupakan usaha industri kegiatan rumah tangga yang dinilai merupakan inovasi teknologi yang sangat besar manfaatnya dengan keunggulan, mudah digunakan dan mudah dirakit, tidak membutuhkan tempat yang luas, selain berfungsi sebagai pengering juga untuk lemari pakaian dan bahan bakarnya dari kompor gas yang mudah didapat.

“Inovasi teknologi tempat guna Pak Darmadji ini hanya merupakan salah satunya. Sesungguhnya masih banyak inovasi baru yang ada di masyarakat untuk itu melalui kepala BPM-PD,“ ujarnya.  

Pihaknya juga  mengimbau kepada masyarakat PPU jika memiliki temuan inovasi baru dapat menginformasikan kepada BPM-PD agar dapat diikutkan dalam ajang pagelaran pameran yang dilaksanakan setiap tahun, baik di tingkat provinsi maupun nasional. 

“Mudah-mudahan tahun-tahun mendatang kita dapat menampilkan teknologi terbaru hasil inovasi maupun produk andalan lokal yang lebih baik," pungkasnya. (humas6).

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM