Juli 18, 2016

PPDB, Tidak Semua Guru Gunakan Jalur Khusus





Muhaimin
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Tidak semua guru punya jatah dua persen siswa baru masuk sekolah negeri. Hanya guru yang terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan itu pun harus dibuktikan NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan), yang punya hak memasukan anaknya ke dalam jatah guru sebesar dua persen. 

”Artinya siapa pun berhak bagi guru yang sudah memiliki NUPTK. Namun demikian bukan berarti semua guru menggunakan jalur khusus, mereka juga harus mengikuti proses dari mulai proses reguler, prestasi kalau memang anaknya berprestasi, jangan berharap pada jatah guru tanpa harus mengikuti prosedur umum. Misalnya seorang guru ingin anaknya ikut PPDB jalur umum, kemudian tidak masuk jalur umum sementara tempat tinggalnya berada di wilayah terdekat sekolah, bisa menggunakan untuk ikut jalur Bina Lingkungan," kata Kadisdik Balikpapan, Muhaimin MT kepada meda ini, belum lama ini.


"Guru juga harus ikut jalur gakin, semua harus mengikuti mekanisme," imbuh Muhaimin. Walaupun sudah memiliki NUPTK, guru tersebut tidak berhak memberikan jatahnya kepada anggota keluarga yang lain. ”Anak kandung pun juga tidak boleh termasuk keponakan sekali pun, tidak boleh dialokasikan ke yang lain. Karena mereka juga berkompetisi, nanti kan diseleksi nilai siapa yang tertinggi itu yang diambil. Jadi khusus untuk guru yang sudah punya NUPTK,” ujar Muhaimin. 

Lebih lanjut Muhaimain menjelaskan tidak akan ada praktik jual-beli jatah, sebab yang diperbolehkan menggunakan jatah siswa adalah khusus bagi anak guru yang mengantongi NUPTK. Sistem tidak bisa diubah karena sudah online. Sekolah tidak bisa bermain curang, karena kalau dia meloloskan siswa di luar database yang ada dipastikan akan ditolak. ”Di kantor Dinas Pendidikan dipasang spanduk oleh Ombudsman, sehingga dalam pelaksanaan PPDB berlangsung mendapatkan pengawasan oleh Ombudsman,” kata Muhaimin. (ktn)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM