Kamis, 30 Juni 2016

SMP YPI BALIKPAPAN TERAPKAN KEDISIPLINAN SISWA





Para guru SMP YPI Balikpapan
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Sekolah merupakan tempat di mana siswa dapat belajar secara formal, serta tempat atau lembaga yang dirancang dibuat untuk pengajaran siswa di sekolah, yang dibimbing oleh seorang guru. Ada beberapa tingkatan sekolah yaitu, sekolah dasar (SD), Sekolah Menegah Pertama (SMP), Sekolah Menegah Atas (SMA), dan Universitas. 

Sebagaimana siswa yang sedang menuntut ilmu pendidikan di SMP Yayasan pendidikan Islam (YPI) yang lokasi gedungnya terletak di kawasan Gunung Pasir Balikpapan. Keberadaan SMP YPI cukup dikenal di kalangan masyarakat Kota Balikpapan, karena memang sudah lama berdiri sehingga tidak asing lagi kalau mendengar SMP YPI. 

Sekolah yang sudah beberapa kali ganti pimpinan tampaknya terus berjuang untuk mempertahankan keeksistensinya dalam pengembangan pendidikan. SMP YPI yang sekarang dipimpin kepsek seorang wanita yaitu Maria Ulfah Noor SPd. 


Sekolah yang dipimpinnya saat sekarang ini sedang berupaya untuk meningkatkan kedisiplinan di sekolah. Tujuan dari mengeterapkan kedisiplinan siswa yaitu untuk menciptakan keamanan,kenyamanan bagi siswa serta kegiatan pembelajaran di sekolah. Disiplin lanjut dia, sangatlah penting dalam proses pendidikan, maka dari itu sekolah pasti memiliki sebuah aturan yang harus di ikuti serta diterpakan oleh setiap guru, siswa dan seluruh warga sekolah, kemudian aturan yang dilakukan bagi siswa, guru, serta aparat sekolah menjadi landasan kedisiplinan di sekolah. 

Oleh karena itu kedisiplinan harus diterapkan dalam setiap sekolah, agar pembelajaran di sekolah dapat berjalan dengan baik dan mendapatkan hasil yangsesuai apa yang diharapkan, serta sesuai visi dan misi sekolah, ujar Maria Ulfah Noor yang selalu peduli dengan kedisiplinan siswanya. 

Menurut dia banyak siswa beranggapan bahwa aturan/kedisiplinan yang diberlakukan di sekolah, hanya diterapkan pada siswa saja, serta hanya membebani siswa. Kebanyakan siswa tidak memahami akan pentingnya kedisiplinan yang diberlakukan bagi mereka, sehingga mereka merasa terbebani dan sulit mengikuti aturan–aturan yang berlaku di sekolah. 

Padahal kalau siswa memahami akan pentingnya kedisiplinan, maka siswa tidak akan merasa terbebani bahkan siswa akan senang mengikuti aturan tersebut. Contoh disiplin yang diterapkan seperti selalu hadir tepat waktu,selalu mengikuti peraturan, begitu pula guru yang harus menerapkan kedisiplinan. Ditambahkan dia bahwa seorang guru harus bisa menerapkan kedisiplinan bagi dirinya serta anak didiknya. 

Dan seorang guru harus memberikan contoh yang baik serta mampu menerapkan kedisiplinan dengan baik,guru sebagi tolak ukur terciptanya kedisiplinan bagi siswa harus mampu menerapkan kedisplinan dengan baik, baik dalam kegiatan pembelajaran atau pun dalam perilaku siswa.  Berapa jumlah siswanya? Jumlah siswanya sekarang ini sebanyak 87 anak dengan didukung 15 tenaga pendidik dan pegawai. Kemudian kegiatan eskul yang masih aktif dilaksanakan di antaranya Futsal dan Sepak bola, kemudian untuk di bidang akademik sedang di upayakan agar menjadi lebih baik.Pendidikan di SMP YPI ini lebih menekankan pada pendidikan akidah akhlaqnya jadi perilaku dan sikap siswa harus diutamakan. (ktn)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM