Kamis, 23 Juni 2016

Manasik Haji Jadi Program Unggulan di SMKN 3 Balikpapan




BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Haji adalah rukun (tiang agama) Islam yang kelima setelah syahadat, salat, zakat dan puasa. Menunaikan ibadah haji merupakan bentuk ritual tahunan yang dilaksanakan oleh kaum muslimin sedunia.Tapi jangan heran kalau manasik haji tidak hanya dilakukan oleh para jamaah yang akan menunaikan ibadah haji, namun sering juga dilaksanakan di sekolah-sekolah pada bidang studi pendidikan agama Islam. 

Seperti halnya manasik haji yang dilakukan siswa-siswi SMKN 3 Balikpapan, dan hal ini sudah tentu berbeda tujuannya dengan yang dilakukan para jamaah sesungguhnya. Para siswa khususnya kelas 3 tersebut semuanya menggunakan baju ihram, berihram dengan dua lembar kain putih yang terdiri dari sarung dan selendang begitu serius melakukan praktek manasik haji, biasanya mengikuti program dari sekolah dan sebagai pengenalan ibadah haji secara praktek. 

Namun ini merupakan bagian dari pemaparan yang disampaikan oleh pihak sekolah. Nampaknya SMKN 3 yang terletak di kawasan Ringroad  Balikpapan Selatan, terus meningkatkan mutu pendidikan serta menanamkan budi pekerti kepada anak didiknya, salah satunya adalah melaksanakan praktek manasik haji bagi siswanya. 


Kepala SMKN 3 Balikpapan Saenab ketika ditemui di ruang kerjanya mengatakan, kegiatan praktek manasik haji merupakan program unggulan di SMKN 3 ini yang bertujuan untuk implementasi materi pelajaran haji dalam pendidikan agama Islam. Kegiatan seperti ini selalu dilaksanakan setiap tahun, pada semester akhir sehingga pihak sekolah membuat peralatan sendiri berupa miniatur ka’bah. 

Selain itu juga dilaksanakannya manasik haji untuk memberi pengetahuan tentang haji di usia dini, serta mengenalkan tata cara haji yang baik. Lanjut Saenab, praktek manasik haji yang dilaksanakan setiap tahun di halaman sekolah SMKN 3 dibimbing langsung oleh guru agama Islam, materi mata pelajaran agama Islam salah satunya adalah praktek manasik haji. Jadi semua siswa-siswi kelas XII harus mengenakan pakaian ihram bagi laki-laki dan mukenah berwarna putih bagi perempuan dan diwajibkan membawa batu kerikil buat melempar jumrah. 

”Praktek manasik haji ini dilaksanakan menjelang ujian akhir sekolah yang  meliputi beberapa mata uji pendidikan agama islam di antaranya,baca Alqur’an,sholat,dzikir dan doa, merawat jenazah dan diakhiri dengan manasik haji,” terang Zaenab. (ktn)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM