Kamis, 16 Juni 2016

Kepsek SMK Adzkiya : Paling Utama Kehadiran dan Disiplin Siswa



 
Civitas Akademika SMK Adzikya Balikpapan
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Disiplin akan timbul bila adanya keterbukaan, kerja sama, mematuhi suatu norma dengan rasa tanggung jawab. Pentingnya disiplin bukan hanya pada lembaga formal, namun pada lembaga non formal pun sangat penting. Sudah menjadi keharusan bahwa tiap-tiap lembaga pendidikan, baik formal maupun non formal harus bisa menegakkan serta menciptakan suatu disiplin yang tinggi. 

Apabila di dalam penyelenggarakan kegiatan pendidikan tidak mengutamakan disiplin, kemungkinan besar lembaga pendidikan itu tidak bisa berjalan dengan baik, sehingga proses belajar mengajar menjadi terganggu. Seperti kedisiplinan yang telah diterapkan pada SMK Adzkiya Balikpapan dimana semua anak didiknya mendapatkan pengawasan yang sangat ketat. Bahkan pengawasan soal kehadiran maupun kedisiplinan bukan hanya diawasi oleh guru, masing-masing siswa pun punya hak untuk mengawasi sesama siswa. 


Kepala SMK Adzkiya  Balikpapan Edy Gunawan ketika ditemui di ruang kerjanya mengatakan, yang paling utama dalam pengembangan pendidikan di sekolah adalah menerapkan kedisiplinan itu yang penting. Semua siswa harus disiplin, patuh pada peraturan sekolah yang sudah di sepakati, kehadiran siswa harus tepat waktu dan peraturan sekolah merupakan harga mati yang harus ditaati oleh semua warga sekolah. 

”Untuk menerima siswa baru, kami pun harus memberikan surat pernyataan terlebih dahulu kepada orang tua yang kemudian ditandatangani calon siswa di atas materai Rp 6.000. Dalam isi surat pernyataannya adalah : jika saya melanggar peraturan sekolah seperti jarang mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas, saya bersedia menerima sanksi apapun dan apabila hal itu terjadi terus menerus maka saya bersedia tidak naik kelas bahkan dikembalikan ke orang tua. Jadi kami tidak main-main apabila siswa melanggar surat pernyataan yang sudah disepakati kemudian dilanggar ancamannya adalah dipastikan tidak naik kelas,” ujar Edy Gunawan kepada kabarkaltim.co.id, baru-baru ini.

Dikatakan Edy Gunawan lebih jauh, hakekat pendidikan adalah pembelajaran. Belajar adalah membangun manusia berkulalitas yakni menjadi manusia berkarakter. Sementara disiplin adalah karakter yang menentukan kualitas pendidikan. Tujuan mendisiplinkan peserta didik untuk membiasakan peserta didik ke arah yang lebih baik, yaitu menjadi siswa yang patuh dan taat, di samping harus mematuhi ketentuan, aturan dan tata tertib sekolah. (ktn)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM