April 05, 2016

Kutim Segera Miliki ULP, Rutan dan Lapas



SANGATTA, KABARKALTIM.CO.ID-  Kabupaten Kutai Timur (Kutim) sudah beranjak usia 17 tahun setelah dimekarkan dari induk Kabupaten Kutai berdasar Undang-Undang Nomor 47/1999 tertanggal 12 Oktober 1999. Namun hingga Selasa (5/4/2016) belum punya Unit Layanan Paspor (ULP), Rumah Tahanan (Rutan) maupun Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).
Bupati Ismunandar tukar cenderamata (tengah) dengan Kepala Kanwil Kemenkuham Kaltim Agus Saryono.(bahar sikki/KK)
Hal ini terungkap dalam kunjungan silaturahmi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Timur (Kakanwil Kemenkuham Kaltim Agus Saryono dengan Bupati Ismunandar yang dilangsungkan di ruang Arau, Kantor Bupati Bukit Pelangi, Sangatta.
Agus menyatakan, Surat Keputusan (SK) pembentukan ULP  di Kutim yang diterbitkan Kemenkuham RI  Yosanna Loly tanggal 15 Maret 2016 lalu.

SK pembentukan ULP di Kutim merupakan berkah, karena banyak yang memohon agar ULP dibentuk di daerahnya, namun Kutim yang mendapat persetujuan. “Kalau tidak aral, nantinya kantor  ULP di Kompleks Thomas Square, Jalan Yos Sudarso Sangatta. Kami sewa gedung selama tiga tahun di sana. Sambil menunggu gedung representatif yang mungkin tidak lama lagi dikerja setelah ada lahan,” tukas Agus dalam pertemuan penting.

Kantor ULP penting segera ada di Kutim mengingat urusan paspor jauh ke kantor Imigrasi, Samarinda. “Kasihan, kalau ada warga Kutim yang mau urus paspor harus menempuh perjalanan darat ratusan kilometer. Syukur kalau persyaratannya lengkap. Tapi kalau KTP-nya mati, mereka harus kembali lagi ke Sangatta. Paspornya kapan selesai,” ujarnya didengar peserta rapat. Di antaranya, anggota DPRD Agiel Suwarno, Asisten Administrasi Sekkab Edward Azran, Kepala Lapas Tenggarong Muhammad Iksan, serta sejumlah pejabat terkaitnya.

Oleh karena itu, keberadaan kantor ULP  di Sangatta bisa memudahkan warga Kutim dan Bontang untuk mengurus paspor. Tanggal 14 April 2016 ini, Kemenkuham menggelar sosialisasi pengurusan paspor haji di Kutim.

 Terkait dengan pengadaaan Rutan, Kemenkuham memerlukan lahan. Juga lahan untuk pembangunan Lapas. Tahun ini (2016)  Kanwil Kemenkuham Kaltim mendapat dana Rp 4,2 miliar untuk pembangunan ULP, Rutan, dan Lapas.  Dana tersebut diyakini Agus Saryono belum cukup. Untuk itu, Agus Saryono memohon bantuan kepada Bupati Ismunandar agar lokasi disediakan  Pemkab. Kutim. Warga Kutim yang dititip di Lapas Tenggarong masih ada ratusan orang. Kalau mau disidang di Sangatta , petugas harus berangkat ke Kutai Kartanegara untuk mengambil tahanan itu. Repot jadinya,” keluhnya.

Lapas Bontang sudah nyaris kelebihan penghuni. Sementara Kutim belum punya rutan dan Lapas representatif. Padahal amanah Undang-Undang mengharuskan Lapas paling jauh sekira 3 kilometer dari kantor pengadilan. Untuk lokasi Rutan dan Lapas masing-masing diperlukan sekira 20 hektare. Mudah-mudahan pembangunan ULP, Rutan dan Lapas tiga bulan kedepan bisa jalan (running). Yang penting, potensi pembangunan Rutan/Lapas di situ ada air, listrik dan jaringan telepon.

Mendengar maksud kunjungan Kanwil Kemenkuham Kaltim, bupati Kutim menyatakan, sebenarnya keberadaan Rutan maupun Lapas sudah lama direncanakan. Namun karena lokasi peruntukan rutan dan Lapas sudah tiga kali berubah. Pemkab Kutim pertama menunjuk agar rutan/Lapas dibangun di Batuota (antara Sangatta- Bengalon). Namun karena areal itu masuk kawasan PT  Kaltim Prima Coal (KPC), akhirnya tidak jadi di situ. Lokasi dipindahkan Simono kisaran Jl. Abdul Wahap Syahrani. “ Sayangnya  juga tidak jadi  di sana karena terlalu dekat dengan pemukiman penduduk. Terakhir lokasi dipindah lagi di dekat Rawa Gabus.  Mudah-mudahan di sana bisa cocok,” harapnya optimistis.

Kepala Dinas Pengendalian Tata Ruang  Ardiansyah menyebutkan, Pemkab Kutim juga punya tanah 7hektare  di dekat RSUD Kudungga,  Jl. Sukarno Hatta. Kalau kantor ULP yang representatif bisa dibangun di sana.  Sedangkan untuk lokasi Rutan dan Lapas mungkin lebih luas karena di situ nantinya ada pembinaan  pertanian, peternakan dan pembinaan keterampilan bagi warga Lapas. (bahar sikki)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM