Minggu, 28 Februari 2016

Workshop Riset Historis Generasi Muda Nusantara di Museum Nasional



KEGIATAN meneliti rupanya makin digemari di kalangan pelajar muda terutama ketika mereka melakukannya di tempat wisata-wisata edukatif seperti museum bersejarah. Hal ini terbukti ketika dihadirkan kegiatan seperti Workshop Riset Historis Generasi Muda Nusantara bertema “Pelajari fakta sejarah pahami makna kehidupan” yang diikuti oleh sekitar 320  peserta dari pelajar SMA wilayah Bekasi pada tanggal 21 dan 28 Februari 2016 telah berjalan sukses dan menarik minat pengunjung di Museum Nasional, Jakarta. 



Kegiatan yang digagas dan dipandu oleh Endah Priyati sebagai guru sejarah dari SMA Negeri 12 Kota Bekasi dan Komunitas JASMERAH ini bertujuan melatih kemampuan generasi muda terutama pelajar agar berprestasi baik secara akademik maupun mahir mencipta kreativitas dalam gerakan perubahan bermakna untuk bangsa. Dalam kegiatan ini dilatih pula penguatan karakter kepemimpinan masa depan yang mandiri, nasionalis, berkepribadian kebudayaan Indonesia, mahir menulis dan fasih bicara berbasis fakta sejarah yang mampu dipertanggungjawabkan kebenarannya.



Dasar riset historis atau penelitian sejarah sebaiknya dikuasai sehingga memberi efek dan perubahan cara pikir, sikap dan perilaku yang sadar sejarah. Belajar menulis dengan berbasis fakta seperti ini perlu ditekuni dalam upaya transformasi nilai pendidikan secara lebih konkret, tersebar ke segala penjuru dan memberi kontribusi perubahan bermakna berbagi pencerahan untuk masyarakat.Ruang museum yang dijadikan tempat pencarian informasi dan fakta sejarah adalah Ruang Perunggu yang menghadirkan temuan kebudayaan zaman perundagian dan Ruang Etnografi yang mempertunjukkan ragam mahakarya kebudayaan Nusantara. 


Pada akhir kegiatan diadakan Kuis Seputar Sejarah yang memantapkan gairah kompetisi belajar sehat dilanjutkan dengan pembagian hadiah berupa peralatan sekolah seperti buku-buku referensi, tas dan alat tulis.

Workshop Riset Historis ini merupakan implementasi memperkenalkan proses Historiografi, yakni  proses penulisan sejarah sebagai penerapan aspek serba interpretatif dalam metode sejarah untuk menyusun sintetis sejarah yang dilandasi oleh penelitian yang seksama melalui heuristik, kritik terhadap sumber-sumber sejarah dan seleksi terhadap fakta-fakta sejarah.Sejarah merupakan suatu proses interaksi yang terus-menerus antara manusia dengan segenap aspek kehidupannya berdasarkan fakta yang ada sehingga menjadi dialog terus-menerus antara masa lampau  dan masa sekarang. Penelitian dengan menggunakan metode historisini membutuhkan penyelidikan yang kritis terhadap keadaan-keadaan, perkembangan serta pengalaman di masa lampau dan menimbang secara cukup teliti dan hati-hati bukti validitas dari sumber sejarah serta interpretasi dari sumber- sumber keterangan tersebut.


Dari kegiatan ini diharapkan para peserta dapat melakukan rekonstruksi peristiwa masa lampaudengan cara mengumpulkan fakta dan bukti sejarah, melakukan verifikasi, lalu menginterpretasikan dengan memaknai fakta dan bukti sejarah dan menganalisisnya. Temuan tersebut akan menguraikan bahwa terdapat hubungan yang benar-benar utuh antara manusia, peristiwa, ruang dan waktu secara kronologis dan kontekstual dengan tidak memandang sepotong-sepotong objek-objek yang diobservasi.Dengan demikian dapat dimengerti bahwa penelitian sejarah merupakan penelaahan serta sumber-sumber lain yang berisi informasi mengenai masa lampau yang direfleksikan kembali sehingga dapat dimaknai agar bermanfaat bagi kehidupan di masa sekarang dan masa depan. (tim kabarindonesia.co.id)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM