Minggu, 13 Desember 2015

Taman Komik Nusantara & Sekar Nusa Ciptakan Komik Tema Hari HAM Sedunia



GERAKAN sadar budaya Taman Komik Nusantara yang digagas oleh Endah Priyati kembali mendapat kehormatan untuk mengisi kegiatan rutin setiap bulan sekali, yakni menggambar komik tokoh-tokoh wayang Nusantara dengan nuansa humor edukatif. Kegiatan yang digelar pada hari Sabtu, 12 Desember 2015 ini merupakan gerakan sadar budaya dalam rangka menumbuhkan kecintaan generasi muda sejak dini pada budaya Nusantara melalui komik kreatif yang bekerjasama dengan Sanggar Seni Sekar Nusa pimpinan Arie Bekti Budi Hastuari. Kegiatan yang berlangsung di Gelanggang Olah Raga kawasan Jakarta Selatan ini diikuti oleh anak-anak yang jumlahnya sekitar 35 peserta. Mereka sangat antusias melakukan kegiatan ini dengan seksama sampai selesai. Mereka bahkan melengkapi komik dengan dialog bertutur menarik bertema "Hari HAM (Hak Asasi Manusia) Sedunia".


 
Peran generasi muda saat ini juga memiliki urgensi yang luar biasa sebagai penjaga Nusantara agar tetap memiliki semangat berkarya mengisi kemerdekaan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika, saling menghormati dan melengkapi dalam perbedaan membentuk peradaban Nusantara yang mulia. Menurut Endah Priyati selaku pendiri Taman Komik Nusantara, cara memaknai Hak Asasi Manusia dieksplorasi oleh anak-anak dengan bertutur di dalam komik karya mereka, salah satunya dengan menuturkan hakikat Hak Asasi Manusia sebagai hak dasar yang dimiliki manusia yang berasal dari Tuhan, dan tidak dapat diganggu gugat oleh siapapun. 

Hak Asasi Manusia tidak tergantung dari pengakuan orang lain, tidak tergantung dari pengakuan masyarakat atau negara. Manusia memperoleh hak-hak asasi itu langsung dari Tuhan sendiri karena kodratnya. Setelah anak-anak selesai latihan gerak ragam dasar tari Betawi yang diajarkan oleh penari profesional Mira Benissa Ayutakbira, mereka belajar bertutur dalam komik bahwa mereka suka menari dan memiliki hak untuk melestarikannya.


Semoga kecintaan pada negeri ini tumbuh dan melekat di hati mereka.Semoga bermanfaat bagi tumbuhnya kesadaran anak-anak dan remaja akan pentingnya penyadaran Hak Asasi Manusia sejak dini dalam kehidupan sehari-hari. Salam Cinta Nusantara. (reportase: tim kabarindonesia)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM