November 10, 2015

SMKN 2 Balikpapan Bebas Narkoba


BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Balikpapan melakukan kegiatan diskusi di SMKN 2 Balikpapan baru-baru ini dengan tema “peningkatan peran sekolah dalam menciptakan sekolah Bersinar. Hal ini sebagai upaya menciptakan lingkungan sekolah bersih/bebas dari penyalahgunaan Narkoba dan meningkatkan presentasi pelajar untuk berpola hidup sehat dan menolak Narkoba.



Kepala  BNN Kota Balikpapan I Ketut Rasna mengungkapkan, peningkatan jumlah pengguna di lingkungan pelajar harus ditekan dengan kegiatan pencegahan yang berkesinambungan di sekolah. Salah satu wadah yang sangat membantu mendukung upaya itu adalah OSIS dan kader sekolah.


Para pengurus OSIS harus mengetahui peran fungsinya di lingkungan pendidikan. Tidak hanya sebagai wadah pengembangan kreatifitas mahasiswa, namun juga mendukung program sekolah dalam upaya peningkatan mutu.

“Sebagai salah satu organisasi kesiswaan di sekolah, OSIS harus menjadi motor dalam menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan bebas dari penyalahgunaan narkoba,” ucap Ketut.

Hal yang sama juga berlaku bagi Kader Anti Narkoba yang sudah dibentuk di sekolah. Kader sebagai perpanjangan BNN di sekolah harus mampu menciptakan dan membuat kegiatan-kegiatan pencegahan di lingkungan sekolah.


“Kegiatan yang dilakukan dimulai dari hal kecil-kecil saja, misalnya memberikan informasi-informasi berkaitan Narkoba di mading-mading sekolah. Hal itu juga sudah bagian dari upaya pencegahan,” kata Ketut.


Pada kesempatan itu, BNN Kota Balikpapan bersama SMKN 2 juga memilih 12 Kader Anti Narkoba yang baru. Hal ini sebagai bentuk kaderisasi keanggotaan yang baru mengingat sebagian yang lama sudah menyelesaikan studinya di SMKN 2.


Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan bebas Narkoba bisa dilakukan jika siswa turut membantu dengan melakukan pengawasan terhadap berbagai aktivitas yang terjadi. Tidak hanya mengawasi para siswa lainnya, namun juga guru dan pegawai sekolah.


Lebih lanjut dijelaskan, SMKN 2 Balikpapan merupakan salah satu sekolah yang telah melaksanakan kesepahaman dengan BNN Kota Balikpapan terkait Gerakan Aksi Sekolah Bersih/Bebas Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya.

Untuk itu, seluruh warga SMKN 2 harus berperan serta dalam mewujudkan suksesnya program tersebut di sekolah. Sebab, sasarannya tidak hanya kepada siswa saja, namun juga guru dan pegawai sekolah. “Bantu awasi secara bersama, jika masih ada prilaku yang tidak sehat seperti merokok di depan siswa yang dilakukan guru. Ini berarti sekolah tidak berkomitmen dalam mensukseskan program ini,” jelas Ketut.


Pada saat yang sama, dijelaskan bahwa pelajar merupakan salah satu sasaran bagi para pengedar dan bandar narkoba. Sebab, banyak kalangan di usia belajar ini yang mudah sekali untuk dibujuk menggunakan narkoba. Untuk itu, perlu dibentengi dengan berbagai pengetahuan terhadap kepada para siswa. “Jangan sampai masa depan adik-adik rusak karena Narkoba. SMA merupakan masa yang paling penting dalam menentukan kelanjutan kehidupan selanjutnya untuk sukses atau tidaknya kehidupan seseorang,” jelasnya.


Kegiatan ini juga menghadirkan pembicara Kompol Supartono Sudin SH MH (Kepala Seksi Pemberantasan BNN Kota Balikpapan), Rusman,A.Md (Kepala seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Balikpapan). Serta kegiatn ini dihadiri oleh kepala sekolah, guru dan pengurus OSIS SMKN 2 Balikpapan. (andi ar evrai)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM