September 14, 2015

Jantungan, Jangan Konsumi Banyak Kolesterol

dr Ayu
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Mengontrol  makanan untuk penyakit jantung atau mengatur asupan nutrisi bagi seseorang yang mengidap penyakit jantung sangat dianjurkan. Pasalnya, dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu dapat menurunkan risiko penyakit jantung.
Penyakit jantung adalah salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya karena penyakit tersebut dapat menyebabkan seseorang meninggal secara mendadak. Tidak ada salahnya jika Anda juga perlu waspada terhadap penyakit ini.
“Bagi Anda yang menderita penyakit jantung, sangat disyaratkan agar tidak mengonsumsi jenis makanan yang mengandung banyak kolesterol karena dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan juga komplikasi,” kata dr Martin Ayuningtyas W,Sp.GK dokter Spesialis Gizi saat menjadi pembicara dalam Seminar Kesehatan yang diadakan oleh Rumah Sakit Siloam Balikpapan, baru-baru ini.

Menurut dr Ayu akrab dirinya disapa bahwa ada beberapa jenis makanan yang disarankan agar dikonsumsi oleh penderita jantung koroner. Makanan untuk penyakit jantung koroner yang direkomendasikan adalah makanan yang mengandung asam folat seperti sari jeruk, brokoli, kacang merah dan juga bayam. Selain itu juga harus banyak mengandung Vitamin B6 dan juga Vitamin E seperti pisang, daging ayam tanpa lemak, alpukat, beras merah, gandum, kacang-kacangan dan juga minyak sayur.
Makanan seperti wortel, tomat, dan juga sayuran hijau juga dianjurkan untuk dikonsumsi karena tingginya kandungan beta karoten, lycopene, dan juga sangat kaya akan serat. Jenis makanan tersebut dapat mengurangi kadar kolesterol dan juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.
Makanan dengan kandungan flavonoid lanjut dr Ayu juga direkomendasikan untuk penderita jantung koroner. Kandungan ini bisa Anda dapatkan dari buah anggur dan apel juga bawang dan teh. Usahakan pula untuk mengkonsumsi ikan tuna, sarden, makarel, atau lemusu karena mengandung asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan juga pembuluh darah.
“Perhatikan pula agar Anda mengatur jumlah takaran asupan gizi Anda. Bagi penderita jantung koroner, asupan lemak sedang harus di bawah 30% dari total kalori. Sedangkan untuk karbohidrat, usahakan agar memenuhi 50% hingga 60% dari total asupan kalori,” ujar dr.Ayu yang saat ini bertugas di Rumah Sakit Kanujoso dan RS Siloam serta Panacea Clinic.
Adapun bagi penderita jantung bengkak hampir sama dengan penderita jantung koroner, bagi Anda yang menderita penyakit jantung bengkak sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan untuk penyakit jantung bengkak seperti tomat matang, bawang putih, dan juga jenis makanan kacang-kacangan. Tomat merupakan antioksidan dalam tubuh sehingga racun dapat dikeluarkan.
“Anda dapat menggunakan tomat sebagai jus dan mengonsumsinya secara rutin 2 gelas setiap harinya. Mengkonsumsi 2 siung bawang putih setiap harinya juga dipercaya dapat menjaga sekaligus meningkatkan kesehatan fungsi organ jantung secara keseluruhan,” kata dr Ayu.
Dengan mengonsumsi kacang-kacangan misalnya almond atau kacang tanah dapat berfungsi sebagai alat untuk meminimalisir pembesaran pada otot jantung. Kacang-kacangan juga berfungsi untuk menjaga kesehatan fungsi jantung.
Selain harus mengonsumsi jenis makan tersebut para penderita jantung bengkak juga dianjurkan agar tidak banyak mengkonsumsi jenis makan seperti seafood, daging berlemak seperti kambing, jeroan, bebek, dan juga makanan berlemak dan berkolesterol tinggi. Sebagai gantinya, Anda dapat mengonsumsi bahan yang jauh lebih sehat sebagai makanan untuk penyakit jantung. (andi evrai)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM