JAKARTA, KABARKALTIM.CO.ID-Saat ini, layanan purnajual (after sales service) telah menjadi faktor pentingbagi calon pelanggan sebelum
memutuskan pembelianmobil. Melalui slogan “Daihatsu Cares for You Better”, Daihatsu terus
mengembangkan layanan purnajual untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Daihatsu
meyakini bahwa adanya kolaborasi antara produk yang berkualitas dengan layanan
purnajual yang memadai dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat.
Dengan tujuan untuk memberikankualitas kerja bengkel yang lebih
baik dan waktu pengerjaan yang lebih cepatkepada pelanggan saat melakukan service
kendaraan, Daihatsu mengembangkan standar baru operasional bengkel,
yang disebut Daihatsu Indonesia Service Management (DISM). Melalui
penerapan DISM, bengkel-bengkel resmi Daihatsumemiliki standar
operasional baru yang lebih bersahabat sesuai dengan kebutuhan
pelanggan.Untuk
mencapai tujuan, DISM dijalankan dengan langkah, sebagai berikut:
- Reminder Service
Mengingatkan
pelanggan untuk melakukan perawatan berkala serta penawaran layanan Booking Servicedengan bantuan sistem database
pelanggan yang terintegrasi
dengan riwayat servis.
- Penerimaan (Reception)
Proses penerimaan yang bersahabat dan
menggunakan Sistem Manajemen Antrian yang
telah mengakomodir antrian pelanggan baik Booking / Non-Booking sejak kendaraan
pelanggan sampai di Pos Sekuriti.
- Proses Servis (Production)
Penerapan SOP baru dalam perawatan berkaladan proses pencucian kendaraan untuk mempersingkat
waktu proses servis.Serta pemantauan progress pekerjaan yang berbasis komputer.
- Pemeriksaan Akhir (Final Inspection)
Penggunaan
formulir pemeriksaan yang baru dalam mengecek dan memastikan seluruh
pekerjaandan permintaan pelanggan telah dilakukan
5. Penyerahan
Kendaraan (Delivery)
Penjelasansetelah servis kepada pelanggan dengan menggunakan formulir pemeriksaan yang
baru.
- Konfirmasi Hasil Perkerjaan (Follow Up H+3)
Menghubungi pelanggan di H+3 untuk
mengkonfirmasi hasil servisdengan menggunakan sistem database pelanggan yang ter-update dan
terintegrasi.
Saat ini,
DISM dipioritaskan di 11 bengkel resmi di kota-kota besar yang melayani
permintaan yang tinggi, yakni Astra Daihatsu BSD, Astra Daihatsu Cibubur, Astra
Daihatsu Cibeureum-Bandung, Astra Daihatsu Jl. Majapahit-Semarang, Astra
Daihatsu Malang, Astra Daihatsu Jl. Sisingamangaraja-Medan, Astra Daihatsu
Samarinda, Astra Daihatsu Makassar, Tunas Matraman, ASCO Bekasi, Astrido Otista,
dan akan
terus diperluas hingga ke seluruh wilayah di Indonesia. “Kami berharap dengan
adanya penerapan DISM, pelanggan mendapat pengalaman terbaik saat melakukan service di bengkel resmi Daihatsu.
Program ini merupakan wujud komitmen Daihatsu untuk terus meningkatkan kualitas
layanan purnajual”, ujar Lili
Herman, After Sales Service and Logistic
Division Head
PT Astra International – Daihatsu Sales Operation. (*/tw)
Baca Juga :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar