Oktober 10, 2022

Pangdam Mayjen Tri Budi Utomo Anjangsana ke Anggota Veteran di Balikpapan

Berikan Santunan dan Paket Sembako, Ajak Jadi Agen Pelopor Bela Negara

Anjangsana yang dilakukan Pangdam VI/Mulawarman ke LVRI Kota Balikpapan
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID – Kegiatan anjangsana dilakukan Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-77 TNI tahun 2022. Anjangsana pada Rabu 5 Oktober 2022 sekira pukul 15.00 Wita itu,  mengunjungi Markas Cabang Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Balikpapan. Kunjungan Pangdam dan jajaran, disambut hangat jajaran LVRI Kota Balikpapan yang diketuai Yoseph Worang.

Dalam kesempatan itu, Pangdam Mayjen Tri Budi Utomo memberikan santunan kepada para anggota LVRI Kota Balikpapan. Santunan Rp 1 juta per anggota Veteran. Di samping santunan, Pangdam juga menyerahakan bantuan paket sembako kepada para anggota Veteran.

Dikatakan Pangdam, anjangsana yang dilakukan ke Veteran dalam rangka memperingati HUT TNI ke-77 tahun 2022, merupakan wujud kepedulian dan perhatian terhadap para Veteran yang ada di Kota Balikpapan khususnya dan Kalimantan Timur umumnya. ”Semoga tali asih yang kami berikan bisa membawa manfaat,” kata Pangdam.

Pangdam Mayjen TNI Tri Budi Utomo menyerahkan santunan kepada anggota Veteran
Disebutkan, Veteran Republik Indonesia adalah warga negara Indonesia yang bergabung dalam kesatuan bersenjata resmi yang diakui Pemerintah yang berperan secara aktif dalam suatu peperangan menghadapi negara lain dan/atau gugur dalam pertempuran membela dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Atau warga negara Indonesia yang ikut serta secara aktif dalam pasukan internasional di bawah mandate Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk melaksanakan misi perdamaian dunia, yang telah ditetapkan sebagai penerima Tanda Kehormatan Veteran Republik Indonesia.

Diakui, berdasarkan UU No 12 tahun 2015 tentang Undang-Undang Veteran RI, negara perlu memberikan penghargaan dan penghormatan kepada para Veteran RI yang telah berjasa, berjuang, membela dan mempertahankan kedaulatan NKRI.

Mayjen Tri Budi Utomo
Termasuk sesuai pesan Sang Proklamator Bangsa Indonesia Ir Soekarno, bahwa Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Artinya bahwa, Bangsa Indonesia bisa maju seperti ini karena jasa para pejuang yang telah mengorbankan harta, benda, jiwa dan raganya untuk memperjuangkan kemerdekaan. Generasi sekarang ada karena adanya generasi sebelumnya.

“Oleh sebab itu Proklamator kita sudah mengingatkan kepada kita seluruhmasyarakat Indonesia untuk tidak melupakan sejarah sebelumnya, dengan selalu menghargaijasa para Pahlawan Kusuma Bangsa,” pesan Pangdam.

Masih kata Pangdam, semangat perjuangan yang tidak mengenal usia seperti yang dimiliki para veteran, hendaknya dapat dijadikan sebagai tauladan bagi generasi muda dalam rangka mencapai cita-cita sebagai bangsa yang luhur, yaitu mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

“Dengan kegiatan ini diharapkan semakin mempererat semangat kekeluargaan, silaturahmi dan kebersamaan antara segenap Keluarga Besar TNI dengan para Veteran  yang ada di wilayah Kota Balikpapan,” harap Pangdam.

“Saya juga berpesan kepada seluruh Bapak-bapak dan Ibu-ibu Veteran RI di Kota Balikpapan, agar ikut menjadi agen pelopor dalam menyosialisasikan bela negara, wawasan kebangsaan dan cinta tanah air kepada para generasi muda kita. Kedepankan keteladanan dan kepeloporan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sehingga keberadaan organisasi Veteran benar-benar dapat dirasakan oleh seluruh anggota dan masyarakat,” tutup Pangdam. (*h ponidi hb)

 

Fotografer   : H Ponidi HB 

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM