Maret 17, 2021

Indonesia Melawan Sampah Plastik Gunakan Aplikasi Digital, Begini Caranya...


SURABAYA, KABARINDONESIA.CO.ID — Indonesia melawan sampah plastik melalaui aplikasi Siklus Refill, yaitu sebuah startup untuk mengatasi masalah ekonomi dan lingkungan melalui solusi teknologi isi ulang. 

Aplikasi seluler baru ini merupakan pencapaian penting untuk mengurangi sampah plastik dan membuat barang-barang konsumen lebih terjangkau bagi konsumen Indonesia tingkat menengah. 

Indonesia adalah pencemar plastik laut terbesar kedua di dunia (Jambeck et al, 2015.) Setiap 20 menit, setara dengan 10 ton truk bermuatan plastik dibuang ke perairan di seluruh Indonesia (Bank Dunia, 2018). 

Barang yang paling umum ditemukan di pantainya adalah bungkus plastik dan kemasan sachet atau paket kecil porsi tunggal (Ocean Conservancy, 2017) yang tidak dapat didaur ulang. 

Aplikasi Siklus berupaya memberikan solusi yang terjangkau untuk mencegah sampah plastik di sumbernya. Dengan aplikasi seluler Siklus (Siklus Mobile App), konsumen di Jabodetabek, dan seluruh Indonesia dalam waktu dekat, sekarang dapat secara mudah memesan dan membeli produk kebutuhan rumah tangga (FMCG) dari perangkat seluler mereka dan mengirimkannya dengan nyaman ke rumah mereka. 

Setelah dipesan, kendaraan roda dua yang dilengkapi dengan sistem isi ulang seluler tiba dan pelanggan dapat mengisi ulang wadah yang ada, atau membeli wadah yang dapat digunakan kembali - tanpa plastik sekali pakai. 

Produknya antara lain deterjen, cairan pencuci piring, minyak goreng dan masih banyak lagi kebutuhan sehari-hari. Pelanggan dapat memesan melalui Aplikasi Seluler baru, serta melalui WhatsApp dan Instagram DM. 

“Peluncuran Siklus Mobile App membantu mengoptimalkan rantai pasokan kami dan meningkatkan solusi isi ulang Siklus secara keseluruhan, memungkinkan kami menjual produk sehari-hari tanpa kemasan plastik dan dengan biaya lebih rendah,” jelas Jane Von Rabenau, CEO & Pendiri Siklus. 

“Melalui aplikasi baru kami, Mobile Warungs, dan teknologi isi ulang langsung, kami menawarkan solusi penghematan biaya bagi masyarakat Indonesia. Menyediakan data berharga bagi produsen kebutuan rumah tangga (FMCG) untuk melayani pelanggan dengan lebih baik, dan membawa tingkat manfaat lingkungan yang baru dengan menghilangkan kebutuhan akan plastik sekali pakai sachet,”. 

Aplikasi Seluler Siklus, yang saat ini tersedia untuk diunduh di Google Play Store, akan memiliki lebih banyak fitur yang ditambahkan selama tahun ini. Bagi konsumen, fitur tersebut mencakup pembayaran digital, dan gamifikasi, yang memungkinkan konsumen untuk melacak pengeluaran dan penghematan, dan mengurangi dampak terhadap lingkungan. 

Didirikan pada April 2020, Siklus Refill telah memperoleh daya tarik yang signifikan dalam waktu singkat berkat dukungan dari konsumen, mitra FMCG, investor dan pemerintah Indonesia. 

● Pelanggan - Solusi isi ulang ponsel Siklus mencakup seluruh Jabodetabek, dan perlengkapan isi ulang Siklus kini tersedia di Warung dan mini market di berbagai wilayah Jakarta. 

● Pemerintah - Siklus mendapatkan dukungan dari Departemen Lingkungan Hidup Jakarta dan Bandung, dan menerima hibah dari P4G Partnerships for Growth. 

● Mitra FMCG - Siklus memiliki kemitraan dan kerjasama yang akan datang dengan FMCGs P&G, Nestle, RB, Wings dan Total Chemindo Loka - perusahaan FMCG terkemuka yang memprioritaskan kelestarian lingkungan sebagai bagian dari operasi mereka di Indonesia. 

● Investor - Investor termasuk Teja Ventures, Golden Space Capital, Shalimar Sulisto (Bank Dunia), Rohan Monga (Chief Executive Officer Zenius, Mantan Chief Operating Officer Gojek), Antoine de Carbonnel (Chief Commercial Officer GoJek), dan Juchiro Tampi (Mitra Pendiri VC InvestIdea.) 

Siklus menciptakan kembali masa depan ritel dengan menjual kebutuhan sehari-hari tanpa kemasan, dan dengan biaya lebih rendah. Perlengkapan isi ulang kami dipasang di toko-toko lokal, sedangkan kendaraan roda dua kami mengirimkan isi ulang langsung ke rumah konsumen. Pelanggan membawa wadah sendiri untuk membeli isi ulang produk konsumen seperti sabun, sampo, deterjen, dan kopi, dengan harga diskon. 

Siklus merupakan teknologi isi ulang yang aman dan tepat, untuk mengoptimalkan rantai pasokan kami dan memungkinkan merek untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka. Tujuan kami adalah menjadi model ritel berkelanjutan berikutnya. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.siklusrefill.com.

NAMA : PRIYO SUWARNO 

RUBRIK: Iptek 

SUMBER: www.siklusrefill.com 

TAG : Siklus, refill, aplikasi, sampah, plastik, CAPTION: Begini model layanan refill anti plastik. Foto: siklusrefill.com

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM