Februari 19, 2021

Lokasi Persemaian IKN Sudah Dilakukan Pemagaran Keliling

Pembangunan persemaian modern terus berlanjut, lokasi di PT Inhutani 1

SAMBOJA, KABARKALTIM.CO.ID - Pembangunan persemaian modern Ibu Kota Negara (IKN), terus berlangsung. Pantauan media ini, pemagaran keliling lokasi persemaian IKN, sudah selesai dilakukan. Masyarakat setempat, bangga dengan pembangunan persemaian modern tersebut yang berada di lokasi PT Inhutani I Batuampar Mentawir dengan luas 120 Ha. 

"Persemaian IKN, sudah selesai dipagar keliling. Pembangunan terus berlangsung," sebut salah satu pekerja Inhutani I Batuampa, Hasanuddin. 

Masyarakat sekitar berharap, pembangunan persemaian modern dapat lancar dan bermanfaat luas bagi masyarakat nantinya, dimana persemaian modern itu sebagai daya dukung Ibu Kota Negara yang baru di Kalimantan Timur. 

Untuk diketahui, persemaian modern di Mentawir akan meliputi pembangunan sarana dan prasarana persemaian seperti germination rooting mother plant house, laboratorium kultur jaringan, aclimatization area, shaded area, open area, pengolahan media tanam serta reservoar. Termasuk sarana pendukung persemaian meliputi kantor, mess dan lain-lain.

Kapasitas produksi bibit bisa mencapai 15 juta bibit per tahun yang meliputi tanaman hutan seperti tanaman kayu, multi purpose tree species dan tanaman eksotik.

Selain menjadi pusat pembibitan dan kebun benih, pada lokasi ini juga dibuat Arboretum atau taman hutan dengan koleksi tanaman endemik Indonesia. Serta akan berfungsi juga sebagai taman rekreasi dan sarana olahraga. KLHK telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 100 milliar di tahun 2020 guna membangun persemaian modern ini.

Adanya persemaian modern ini menjadi sangat penting, menunjukkan kepada dunia, bahwa Indonesia dalam pemindahan IKN sangat serius dalam hal pemulihan lingkungan. (kk/net)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM