Desember 27, 2020

Masyarakat Apresiasi Pembangunan Persemaian Modern IKN

Luas 120 Ha di Lokasi PT Inhutani 1 Batuampar Mentawir 

Pembangunan persemaian modern IKN di lokasi PT Inhutani I (foto hasan/kk)

SAMBOJA, KABARKALTIM.CO.ID - Masyarakat di wilayah Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dan sekitarnya, sangat mendukung dan mengapresiasi pembangunan persemaian modern IKN. Lokasi pembangunan persemaian modern tersebut, berada di lokasi PT Inhutani I Batuampar Mentawir, dengan luas 120 Ha. 

"Kami sangat senang dan mendukung sekali, sekaligus bangga dengan pembangunan persemaian modern IKN di wilayah PT Inhutani I. Menjadi salah satu kebanggaan bagi kami masyarakat Kaltim," ungkap Hasanuddin-masyarakat Samboja sekaligus karyawan di PT Inhutani I. 

"Semoga pembangunannya berjalan lancar, memberi manfaat luas bagi masyarakat di Kaltim. Sebagai daya dukung Ibu Kota Negara yang baru di Kaltim," imbuh Hasanuddin.  

Untuk diketahui, persemaian modern di Mentawir akan meliputi pembangunan sarana dan prasarana persemaian seperti germination rooting mother plant house, laboratorium kultur jaringan, aclimatization area, shaded area, open area, pengolahan media tanam serta reservoar. Termasuk sarana pendukung persemaian meliputi kantor, mess dan lain-lain.

Kapasitas produksi bibit bisa mencapai 15 juta bibit per tahun yang meliputi tanaman hutan seperti tanaman kayu, multi purpose tree species dan tanaman eksotik.

Selain menjadi pusat pembibitan dan kebun benih, pada lokasi ini juga dibuat Arboretum atau taman hutan dengan koleksi tanaman endemik Indonesia. Serta akan berfungsi juga sebagai taman rekreasi dan sarana olahraga. KLHK telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 100 milliar di tahun 2020 guna membangun persemaian modern ini.

Adanya persemaian modern ini menjadi sangat penting, menunjukkan kepada dunia, bahwa Indonesia dalam pemindahan IKN sangat serius dalam hal pemulihan lingkungan. (kk/net)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM