April 09, 2020

Prajurit Kodim Balikpapan Tetap Semangat Bertahan di Lokasi TMMD

Selesaikan Tugas Meski di Tengah Mewabahnya Virus Corona
Semua programTMMD ke-107 di Manggar tetap dituntaskan, para prajurit selalu diawasi tim kesehatan (pendim 0905)
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID - Sertu Zainuddin dan Serda Sukamto anggota satgas TMMD dari Kodim 0905 Kota Balikpapan, tetap berada di lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-107 di Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur. 
Di tengah merebaknya virus Corona, sebanyak 25 prajurit Kodim 0905 Balikpapan tetap berada di lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-107 di Kelurahan Manggar, meski warga mengamankan diri di rumah memenuhi instruksi pemerintah dalam upaya pencegahan Covid-19. 
Prajurit TNI AD tersebut tetap melaksanakan rehab rumah warga yang tak layak huni menjadi layak huni, antara lain milik Dahlima, Nenek Mindong, Wadiaba, Tumpi, Mahmudi, Mardiyan, Iming dan Ali Ashar. Keberadaan prajurit Kodim 0905 Balikpapan ini selain merampungkan rumah yang telah dibongkar sejak Senin (16/3/2020), juga dalam rangka menemani warga yang rumahnya dibongkar untuk direhab agar tetap di rumah untuk menghindari merebaknya virus Corona. 

Berbagai prosedur pengamanan prajurit pun telah dilalui dan dipantau oleh tim kesehatan. Mereka selain harus mengikuti cek kesehatan mulai dari suhu badan juga tensi. Setiap saat mereka selalu diawasi oleh tim kesehatan. 
TMMD dengan sasaran antara lain rehab Rumah Tak Layak Huni (RLTH) mendapat sambutan baik dari masyarakat. Terutama mereka yang hidup dalam kategori tidak mampu. Rata-rata rumah yang direhab terbuat dari dinding kayu yang nyaris roboh dan beralas tanah. 
Setiap rumah nanti minimal akan direhab dengan dinding tembok dan kayu. Lantai tanah diplester semen, sehingga layak huni dan sehat bagi penghuninya. Dandim 0905 Balikpapan Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa memaparkan, TMMD Reguler ke-107 ini digelar sewaktu kondisi wilayah sedang dilanda merebaknya Covid-19. 
“Kami dan warga sudah telanjur membongkar rumah, kasihan bila harus terhenti karena kasus Covid-19. Kami tak tega membiarkan mereka berada di rumah yang terbuka karena dinding sudah dibongkar,” ujar Dandim. 
Sehingga TMMD tetap dijalankan meski dengan prosedur yang tetap mengedepankan keselamatan dari penyebaran Covid-19. “Oleh karena itu tetap dipantau oleh tim kesehatan,” tegas Dandim. 
Iming, salah satu warga justru mengaku ada hiburan di rumah ketika ada prajurit yang bekerja memperbaiki rumahnya. Adanya TMMD dengan program bedah rumah ini bagi Iming dan warga lainnya sangat membantu sekali. Oleh karena itu dia berharap agar bisa dilaksanakan terus. “Ya senang karena bisa menemani Pak Tentara bekerja. Saya juga bisa membantu selama tidak bekerja di TPA,” kata Iming gembira. (*/nyo/if/kk)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM