Maret 04, 2020

Wartawan Kompeten Tidak Mendorong Narasumber Masuk Jurang

Berpose dalam dialog publik (baharsikki/kk)
KUTIM, KABARKALTIM, CO.ID- Bupati Ismunandar menyambut baik dialog publik peran media lokal terkait pemindahan dipilihnya Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara (IKN). Dialog publik tersebut diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia Kutai Timur di Hotel Royal Victoria, Sangatta, Selasa malam (3/3/2020) dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-74, dan PWI Kutim ke-3.
Peran media lokal untuk menginformasikan keunggulan daerah sangat diperlukan. Untuk itu, wartawan harus memiliki kompeten meracik membuat dan menulis berita sesuai fakta. Jangan sampai lain yang diucapkan narasumber, lain pula yang ditulis. Ini ‘kan terkadang tidak nyambung. Padahal sejatinya karya wartawan menarik dan enak dibaca.

Kritik itu memang perlu. Jangan sampai pejabatnya sudah mau masuk jurang, mala didorong lagi. Hal semacam ini, kehadiran wartawan profesional sangat dibutuhkan. Maksudnya untuk mengingatkan,” kata bupati Kutim ketika didaulat membuka acara.
Selanjutnya, Wakil Dewan Pers Nasional Hendry Ch Bangun menegaskan kepada jurnalis agar memiliki wawasan, pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam melaksanakan peliputan berita. Jangan sampai karena gaji wartawan sedikit, sehingga ada oknum wartawan cari penghasilan tambahan.
Jangan sampai cari sampingan dengan melanggar kode etik jurnalis. Kalau wartawan seperti ini sebaiknya, tidak usah jadi wartawan. Cari saja pekerjaan lain. Wartawan silahkan saja bertemu pada siapa saja narasumbernya, tapi harus komitmen tetap independen dalam membuat berita,” harap Hendry.
Menurutnya, sebenarnya banyak potensi lokal menarik untuk diolah jadi berita. Isu lokal itu pula bisa dijadikan isu nasional atau internasional. Dari mana wartawan nasional tahu, kalau ada informasi menarik di daerah. Sementara wartawan nasional tidak ada di daerah. Pastinya, wartawan nasional mengambil berita lokal melalui kerja sama. (baharsikki)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM