Maret 28, 2020

Warga Manggar Gembira Dibuatkan Jamban Sehat

Warga Juga Senang Dikunjungi Wawali dan Dandim 

Wawali Balikpapan Rahmad Mas'ud bersama Dandim I Gusti Agung Putu Sujarnawa menyapa warga (ist/kk)
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID - Dua warga yang tidak mampu yaitu Suryani dan Dahlia, terlihat bahagia melihat puluhan personel TNI AD yang tergabung dalam Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-107, yang membuatkan jamban di rumahnya. 

Suryani dan Dahlia adalah warga RT 36 Kelurahan Manggar Kecamatan Balikpapan Timur. Tak hanya itu, rumahnya juga direhab dan dicat Satgas TMMD. Tak tanggung-tanggung, jamban dibuatkan dari septic tank berstandar internasional, ramah lingkungan yakni septic tank bio. 

Septic tank yang sangat ramah lingkungan ini, dilengkapi dengan media pengurai dan penyaringan tinja yang telah dirancang sempurna sehingga memaksimalkan proses penguraian serta dilengkapi sistem disinfektan sebagai media untuk menjernihkan air dan mensterilkan air olahan sehingga air dapat dibuang ke saluran umum. 

Dua keluarga tersebut merupakan pemulung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Manggar. Dulu buang air besar tidak sehat, hanya menggali tanah di lahan kosong belakang rumahnya. Kini keduanya memiliki jamban sehat. 

Selain senang, Suryani dan Dahlia memdapat kejutan, Jumat (27/3/2020) siang, dikunjungi Wakil Walikota Balikpapan H Rahmad Masud SE bersama Dandim 0905 Balikpapan yang juga Dan Satgas TMMD ke-107 Letkol Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa. 

“Gimana kabar Ibu? Sehat kan? Jaga anak-anak dan keluarga ya. Apalagi merebak Corona, di rumah saja ya. Jangan ke mana-mana. Kedatangan Bapak-bapak TNI ini berkah yang luar biasa untuk Ibu dan keluarga. Kebutuhan ibu, rumah yang layak dan sanitasi yang sehat sudah dibuatkan Bapak-bapak TNI,” ujar Wawali. 

“Alhamdulillah Pak. Kami warga yang tidak mampu sudah dibantu Bapak-bapak TNI. Kami bersyukur dan terima kasih sekali kepada Bapak-bapak TNI,” ujar Dahlia yang suaminya jadi pemulung yang pendapatannya tak cukup untuk membuat sanitasi yang sehat. 

Ucapan terima kasih juga disampaikan Suryani. “Kalau ndak ada Bapak-bapak TNI, kami susah buang air besar. Kadang di kebun, sering juga numpang di tetangga,” ujar Suryani dibenarkan suaminya, Hasan. 

Pasiter Kodim 0905 Balikpapan Mayor Arm Edison yang mendampingi Wawali dan Dandim mengatakan, sasaran pembuatan jamban sehat targetnya untuk 50 rumah. Satgas TMMD menyiapkan semua septic tank bio dan siap dipasang semuanya. 

“Sasaran yang kami buatkan jamban untuk sanitasi yang sehat sebanyak 50 rumah milik warga yang tidak mampu. Rata-rata warga bekerja sebagai pemulung di TPA Manggar,” ujarnya. (*/nyo/if/kk)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM