Rabu, 05 Desember 2018

CSR Migas hingga Akhir 2018 : Mencapai Sekitar Rp 569 Miliar


Perwakilan perusahaan migas menyampaikan program CSR
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) memperkirakan penyerapan dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dari kontraktor migas hingga akhir 2018 mencapai 70-80 persen dari total anggaran 39 juta dolar AS (sekitar Rp 569 miliar). 

"Penyerapan dana CSR tersebut angkanya hampir sama dengan pencapaian dua tahun terakhir," kata Syaifudin-Kepala SKK Migas Kalsul saat diskusi bertajuk “Berbagi Pengetahuan dan Strategi Tanggung Jawab Sosial di Hotel Jatra, Balikpapan, Selasa (4/12/2018). 

Ia mengatakan, pada 2016 dari alokasi 33,4 juta dolar AS, terserap 25,8 juta dolar AS. Sementara pada tahun lalu terserap 23,9 juta dolar AS dari alokasi 34 juta dolar AS. 


Menurut Syaifudin, kendala penyerapan anggaran lebih ke soal teknis. Misalnya, program-program CSR yang ditunda akibat ketidaksiapan masyarakat penerima program. Saat ini penggunaan sisa anggaran CSR yang tidak terserap masih dibahas antara SKK Migas dengan Komisi Energi DPR RI. 

DPR meminta sisa anggaran yang tidak terserap digunakan di luar daerah operasi. Apalagi aturan yang ada hanya menyebutkan dana CSR diutamakan untuk daerah operasi. 

"Tapi saat ini masih belum diputuskan. Kalaupun tidak dipakai tidak apa-apa, kami kan tidak harus membayar cost recovery-nya," kata Syaifydin. 

Saat ini dasar pelaksanaan CSR di sektor hulu migas adalah ISO 26000. Dirinya mengatakan dalam industri hulu migas, penting untuk memberitakan CSR. Ada dua persoalan jika berita CSR tidak ada, yakni dana tidak dikasih atau eksposure yang kurang. 

"Percuma, CSR-nya tumbuh, masyarakatnya bagus. Tapi tidak diberitakan," kata dia. Syaifudin pun menyayangkan masih adanya daerah yang belum memiliki program khusus dan peraturan tentang masalah penyaluran dana CSR ini sehingga program sering terbentur dengan kondisi di lapangan. (are)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM