Juni 11, 2018

Mengenal Tari Madero yang Siap Digelar Donald Sitorus Center (1)


Tarian Madero massal, bagian kekayaan budaya Nusantara
BIDANG seni dan budaya Donald Sitorus Center menyiapkan ajang menarik bagi masyarakat Kalimantan Timur. Yakni persembahan tarian massal, tari Madero dari Sulawesi Tengah. Wujud cinta akan budaya negeri ini, digagas salah satu tokoh warga Balikpapan Barat, Abdul Malik. 
Lalu seperti apa tari Madero tersebut? Berikut penjelasan mengenai tarian tradisional  pemersatu masyarakat suku Pamona di Sulawesi Tengah. 


Apakah Tari Dero itu?

Tari Dero adalah salah satu tarian tradisional masyarakat Suku Pamona di Sulawesi Tengah. Tarian ini tergolong tarian pergaulan yang ditarikan secara massal oleh semua kalangan masyarakat, baik pria maupun wanita, baik tua maupun muda bisa melakukan tarian ini. Tari Dero ini merupakan salah satu tradisi lama masyarakat Suku Pamona yang masih dipertahankan hingga sekarang. Sering ditampilkan di berbagai acara seperti upacara adat, pesta adat, penyambutan, dan berbagai acara yang bersifat hiburan dan budaya lainnya.

Sejarah Tari Dero

Menurut sejarahnya, Tari Dero atau Madero ini merupakan salah satu tradisi lama masyarakat Suku Pamona yang masih dipertahankan hingga sekarang. Tarian ini dulunya sering dilakukan oleh masyarakat sebagai bagian dari pesta adat, upacara adat, pesta panen raya, dan acara adat lainnya. Bagi masyarakat Suku Pamona, Tari Dero merupakan ungkapan rasa syukur dan kebahagaian masyarakat atas apa yang diberikan Tuhan kepada mereka.

Tari Dero biasanya dilakukan secara massal atau bersama-sama dalam jumlah yang banyak. Mereka berkumpul menjadi satu, baik pria maupun wanita, baik tua maupun muda. Dengan diiringi musik pengiring dan nyanyian syair, mereka menari dengan gerakannya yang khas dan penuh keceriaan. Tarian ini kemudian diwariskan secara turun-temurun oleh masyarakat Suku Pamona dan masih dipertahankan hingga sekarang. (*/net/besambung)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM