Senin, 02 April 2018

Tumpahan Minyak Teluk Balikpapan Meresahkan Masyarakat

oleh : Advokat  Ir Lusiano SH MSi (aktivis Dayak Borneo)


Lusiano
KASUS tumpahan minyak jadi jenis solar harus harus dapat segera diperjelas penyebabnya dan diperjelas antara tumpahan solar atau crude oil. Pihak Petamina RU V Balikpapan sudah menyatakan dan menjelaskan tidak ada kebocoran pipa bawah laut yang menuju Kilang RU V dari sumber crude oil bahan baku minyak untuk Kilang RU V Balikpapan.

Berdasarkan penjelasan manajemen Pertamina RU V Balikpapan, dari sample yang diambil dan diteliti tumpahan solar yang mengakibatkan kebakaran di laut Teluk Balipapan bukan jenis BBM/solar yang diproduksi di Kilang RU V Balikpapan.

Ada kesaksian yang mengatakan sumber minyak menyembur dari bawah laut ke permukaan, apakah ini mungkin terjadi semburan dari bawah laut? Tidak mungkin, jika semburan dari bawah laut pun, terbakarnya sangat mungkin setelah di permukaan laut.

Melihat kejadian ini dan besarnya api, penyebab kejadian ini bukan akibat kebocoran ringan yang menyebabkan luasan pencemaran yang begitu luas dan sudah berdampak pada ekosistem.  Hal ini perlu segera diungkap dan dituntaskan penyebabnya karena kejadian ini terjadinya di Teluk Balikpapan yang banyak lintasan kapal-kapal dan kapal berlabuh, serta kegiatan usaha nelayan dan ke kampung-kampung atas air.

Kalau bukan dari kebocoran instalasi perpipaan Pertamina RU V, KKKS, Pertamina, SKK Migas yang berkegiatan di seputaran Teluk Balikpapan dan Pertamina MOR/Pemasaran VI Pertamina yang memasarkan BBM produk kilang Pertamina yang loading on loadingnya juga di seputaran Teluk Balikpapan,  perlu diperjelas dari mana asal usulnya. 

Apabila jelas-jelas nanti ditemukan fakta dan pembuktian jenis tumpahan solar, bukan jenis produk Pertamina RU V, dari mana solar yang tumpah sebanyak itu yang menyembur dari dalam laut? Apakah ada naga yang menyemburkan dari bawah laut? Harapan kita segera cepat terungkap, karena kejadian ini di area objek vital milik Negara, dan juga untuk ketenangan masyarakat. (*)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM