Februari 28, 2018

Tekanan Arus Balik, IPAM Batu Ampar Km 8 Turun Produksi


SENIN (26/02/2018) pagi telah terjadi penurunan kapasitas produksi dari 1.800 m3/jam menjadi ± 1730 m3/jam, atau sekitar penurunan ± 70 m3/jam (± 20 ltr/dtk). Hasil analisa di lapangan telah terindikasi adanya kebocoran pada pipa transmisi diameter 700 mm steel, tepatnya di lokasi samping Pump House Km 12. 

Senin (26/02) siang, tim Tanggap Darurat dari Sub Bagian Air Baku langsung melakukan proses penggalian di lokasi tersebut. kerusakan pada Tee Y 700-500 mm steel, yaitu jalur suply air Waduk Manggar dari Km 12 Pump House (Rumah Pompa) ke Instalasi Pengolahan Air Minum Batu Ampar KM 8. 

Dalam kondisi darurat seperti ini PDAM Kota Balikpapan mau tidak mau harus melakukan proses perbaikan segera mungkin, mengingat air baku yang terbuang cukup banyak di lokasi tersebut dan air juga menggenangi di lokasi Pump House. Kerusakan dan kebocoran diakibatkan aliran air dalam pipa tansmisi terhenti secara mendadak, sehingga tekanan air pada sisi atas (upstream) akan meningkat dengan tajam dan menimbulkan gelombang tekanan yang akan merambat dengan kecepatan tertentu dan kemudian dipantulkan kembali ke tempat semula. 

Gejala ini menimbulkan kenaikan tekanan yang sangat tajam sehingga menyerupai suatu pukulan dan dinamakan gejala pukulan air atau tekanan arus balik (water hammer), kemudian tekanan yang timbul dinamakan tekanan pukulan air (water hammer pressure). 

PDAM Kota Balikpapan melaksanakan perbaikan tersebut mulai hari Selasa i27 Februari 2018, dari pukul 09.00 Wita sampai dengan selesai (target pekerjaan 1 x 24 jam, lebih cepat lebih baik). Lokasi perbaikan di Pump House Km 12 Waduk Manggar. 

Kondisi saat ini IPAM Batu Ampar Km 12 sudah mengalami penurunan kapasitas produksi, bagi pelanggan yang airnya masih mengalir diharapkan dapat menampung air. Direksi PDAM Kota Balikpapan menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan ini, terutama bagi pelanggan yang airnya sudah tidak mengalir lebih awal akibat kondisi tersebut. 

Untuk daerah yang mengalami gangguan distribusi air : Produksi IPAM Km 8 Batu ampar : : Rumah Sakit Umum, RSS Damai III, Komp.PGRI Damai III, Perum Kopri, Perum PT HER Mandiri, Komp.Perusda, Komp. Bumi Sepinggan Baru, Komp.PLN Spala, Villa Damai Indah, Perum Depsos Ringroad, Perum. WIKA, Komp. Pemda BB, Boster AMD sungai Ampal, Perum H.Ruslan Gn.Guntur, Perum.Pelabuhan Gn.Guntur, Gn. SMD Strat I s/d Strat VI, Jl. Patimura, Jl.Kp.Timur, Jl.Wonorejo, Jl. Sumber Rejo, Jl. Kr.Rejo s/d gg.Buntu, Gg.Rohani, Km 09 Komp.AD, Km 08, Komp. Klaus Reppe, Komp.Bangun Reksa, Perum PDAM, Perum.Graha Indah, Perum Bhumi Nirwana Indah, Perum.Adi Guna Unggul, Perum Mandastana, Perum Batu Ampar Lestari, Perum.R amayana, Jl.Brantas, Komp.Perumnas, Jl.Telindung, Jl Padat Karya, Inpres I s/d IV, Perum Somber, Jl Gn Satu, Jl Gn Empat, Jl.Gn.Bugis, Asrama Bukit, Sidomulyo, Kp.baru Ujung, Jumpi, Sidodadi, Jl.Borobudur, Kamp.Baru lir, Gn. Polisi, seluruh aliran dari IPAM Batu Ampar. (*/benny)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM