Senin, 22 Januari 2018

Kebocoran Pipa Transmisi Air Baku di Hutan Transad Km 8 : 50% Pelayanan Distribusi Air Bakal Terganggu


BALIKPAPAN, KABARKATIM.CO.ID-Dalam beberapa hari ini PDAM Kota Balikpapan mendapat keluhan distribusi air yang tidak maksimal, seperti keluhan salah satu warga yang bermukim di Komplek Perumnas bagian atas tepatnya di Blok 5. Di situ yang biasanya mengalir di atas pukul 24.00, sekarang tidak mengalir sama sekali dalam 3 hari ini. 

Keluhan tersebut langsung direspon oleh bagian Customer Service PDAM Kota Balikpapan untuk dipastikan kendala teknis yang terjadi di bagian produksi. Ternyata kendala tersebut sudah terindikasi oleh bagian produksi sejak tanggal 19 Januari 2018, dimana kapasitas air baku yang dikirim dan diterima dari Km 12 ke Instalasi Pengolahan Air Minum Km 8 Batu Ampar terjadi penurunan dari 1.800 m3/jam menjadi 1.680 m3/jam, pengurangan sekitar ± 120 m3/jam (33,33 l/dtk). 
Dari analisa proses tersebut Tim Tanggap Darurat dari bagian sumber air baku langsung menelusuri jalur pipa transmisi air baku sepanjang 7 kilometer, ternyata telah ditemukan kebocoran lagi pipa transmisi air baku diameter 600 mm steel di lokasi Hutan Transad Km 8 yaitu jalur pipa air baku yang mengirimkan air Waduk Manggar menuju ke instalasi IPAM Km 8 Batu Ampar. 

Dari Kebocoran tersebut tim PDAM Kota Balikpapan akan melakukan perbaikan yang direncanakan pada Rabu 24 Januari 2018,  pukul 09.00 Wita sampai dengan selesai (target pekerjaan perbaikan 1 x 24 jam, lebih cepat lebih baik). 
50% pelayanan distribusi air bersih bakal terganggu, yaitu jalur distribusi air yang berasal dari IPAM Km 8 Batu Ampar, memang dalam beberapa hari pelanggan yang zona distribusinya dari IPAM Km 8 Batu Ampar mengalami penurunan kuantitas debit air yang cukup dratis. Pengaruhnya kepada pelanggan yang tinggal di daerah atas dan daerah jauh dari IPAM Km 8 Batu Ampar, apalagi zona wilayah distribusi dari IPAM ini, hampir wilayahnya kontur tanahnya daerah lembah dan perbukitan. 
PDAM memahami imbas dari ini semua, yang mana dalam beberapa hari ini pelanggan yang dialiri dari IPAM Km 8 mengalami dampaknya, yang biasa jam pelayanan 24 jam, turun kisaran 12 jam hingga 6 jam pelayanan distribusi air ke pelanggan. 
Seperti Perumnas Atas mengalami tekanan distribusi air yang cukup kecil, mengingat jalur distribusinya berasal dari IPAM Km 8 Batu Ampar, termasuk daerah pelanggan lainnya seperti Karang Rejo, Somber yang sudah terkena imbasnya kurang lebih 4 hingga 3 hari ini. Dengan kegiatan perbaikan pada Rabu nanti, PDAM mengupayakan pelayanan aliran distribusi air menjadi normal, minimal bisa terus kontinyu dalam alirannya ke pelanggan. 
Memang tidak bisa dipungkiri, dengan kondisi 80% Kota Balikpapan dengan kontur tanahnya perbukitan, PDAM mengakui masih adanya pelayanan distribusi air yang belum bisa terlayani selama 24 jam penuh. 
PDAM selalu mengimbau kepada pelanggan ketika air PDAM mengalir, upayakan untuk selalu menampung cadangan air sebagai persiapan penggunaan kebutuhan di rumah dan bijaksanalah dalam menggunakannya. 
Direksi PDAM Kota Balikpapan mengimbau kepada pelanggan untuk mempersiapkan penampungan di rumah, selama air mengalir mohon untuk disimpan atau ditampung di rumah semaksimal mungkin. 
Direksi juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan ini, terutama kepada pelanggan yang daerahnya lebih dahulu mengalami tekanan distribusi yang kecil bahkan tidak mengalir lebih dahulu. 
 
Untuk antisipasi PDAM Balikpapan tetap menerima pemesanan air tangki sesuai antrean dengan dapat menghubungi di nomor telepon/SMS ke 0812-2450-5222, atau dapat juga mengunjungi langsung terminal tangki di Jl MT Haryono depan Kantor Dukcapil. Daerah yang mengalami gangguan distribusi air : Produksi IPAM KM. 8 BATU AMPAR : Rumah Sakit Umum, RSS Damai III, Komp.PGRI Damai III, Perum Kopri, Perum PT.HER Mandiri, Komp.Perusda, Komp. Bumi Sepinggan Baru, Komp.PLN Spala, Villa Damai Indah, Perum Depsos Ringroad, Perum. WIKA, Sebagian Daun Village, Komp. Pemda BB, Boster AMD sungai Ampal, Perum H.Ruslan Gn.Guntur, Perum.Pelabuhan Gn.Guntur, Gn. SMD Strat I s/d Strat VI, Jl. Patimura, Jl.Kp.Timur, Jl.Wonorejo, Jl. Sumber Rejo, Jl. Kr.Rejo s/d gg.Buntu, Gg.Rohani, KM09 Komp.AD, KM08, Komp. Klaus Reppe, Komp.Bangun Reksa, Perum PDAM, Perum.Graha Indah, Perum Bhumi Nirwana Indah, Perum.Adi Guna Unggul, Perum Mandastana, Perum Batu Ampar Lestari, Perum.R amayana, Jl.Brantas, Komp.Perumnas, Jl.Telindung, Jl.Padat Karya,Inpres I s/d IV, Perum.Somber, Jl. Gn.Satu, Jl.Gn.Empat, Jl.Gn.Bugis, Asrama Bukit, Sidomulyo, Kp.baru Ujung, Jumpi, Sidodadi, Jl.Borobudur, Kamp.Baru lir, Gn. Polisi, seluruh aliran dari IPAM Batu Ampar. (*/benny)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM